Jumat 07 Jan 2022 09:58 WIB

From Here to Eternity: Dari Kepedulian White House Hingga Market Minyak Goreng

Benarkan Amerika Serikat peduli sama Indonesia?

Ibu Negara Fatmawati Soekarno berfoto bersama Marlon Brando pada tahun 1956
Foto: Ridwan Saidi
Ibu Negara Fatmawati Soekarno berfoto bersama Marlon Brando pada tahun 1956

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ridwan Saidi, Politisi Senior, Budayawan Redaksi, dan Budayawan Betawi.

Tahun 1947 President USA Harry Truman mengancam stop bantuan Marshal Plan untuk Belanda jika Belanda tetap maksa mau jajah Indonesia kembali. Sedangkan, President USA John Kennedy tahun 1963 menawarkan kesediaan memediasi konflik Indonesia-Belanda terkait Irian Barat. President Joe Biden tahun 2021 memperingatkan yang Jakarta dalam 10 tahun akan tenggelam.

Dari arah selatan pesisir Jakarta memang kita hampir tak melihat laut lagi. Pemodal, semoga tanpa di-manggut-mangguti pemerintah pusat dan pemerintah provinis, terus menerus  membangun di kawasan pesisir Jakarta, merembet ke Tangerang.

Memang bukan Tembok Berlin atau Tembok Tiongkok, tapi dari laut melihat Jakarta dan Tangerang seperti terkepung. Belum lagi bangunan-bangunan di berbagai pulau alphabet reklamasi.Peringatan Joe Biden realistik. Apalagi pembangunan pesisir seperti tak sudah-sudahnya.

Sepertinya Biden concern dengan lokal Jakarta saja, tapi mungkin tidak. Peringatan Biden pun bernada persahabatan walau pun soal hancurnya ekosistem Jakarta itu pengaruhi ekologi dunia.

Jalinan persahabatan dibina dengan saling mengirim missi kesenian. Indonesia pada tahun 1964 pernah mengikuti New York Fair. Aktor Hollywood juga banyak yang ke Indonesia antara lain Marlon Brando. Brando juga menyempatkan diri menemui Ibu Negara Fatmawati Soekarno tahun 1956 (foto di atas).

Film Brando yang mengesankan Godfather, tapi film yang sangat mengesankan bagi saya, apalagi terkait situasi terakhir, HFrom here to Eternity', yang dibintangi antara lain  Monty Clif dan Deborah Kerr. Saya tertarik judulnya, dari sini menuju keabadian. Waduh, masa' kita kayak Somalia? Somalia pernah alami krisis politik dan ekonomi berkepanjangan hingga puluhan tahun.

Jelang tutup tahun, New York Times siarkan pernyataan senior advisor White House bidang Indo Pacific yang berkata, kalau America serius hadapi China, mesti rangkul Indonesia.

Saya baru pahan 100% kata-kata White House-man itu setelah Jokowi umumkan kenaikan tarif pajak elpiji, listrik, rokok. Lalu ada personalan dengan BBM.

Menko Hartarto, yang lama tak nampak, kemarin pada 6 Jaunuari 2022 beri maklumat bahwa di mana pun harga minyak goreng Rp 14.000,- per liter. Kemarin masih Rp 20.000 di pasar.

Dalam situasi ekonomi seperti ini sudah biasa terjadi lomba antara harga versi maklumat /pemerintah vs the real price in the market. Pemenangnya: market. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement