Ahad 06 Feb 2022 08:26 WIB

Pengacara Greek di Zona economi di Indonesia Masa Lalu

Pengacara Greek di masa lalu berupa legislasi transaksi bisnis

Pengacara Greek di pelabuhan bandara
Foto: ridwan saidi
Pengacara Greek di pelabuhan bandara

REPUBLIKA.CO.ID -- Oleh: Ridwan Saidi, Politisi Senior, Sejarawan, dan Budayawan Betawi.

Greek atau Yunan. Di Jambi ada toponim Yunan, di Jakarta disebut Grék. Inisial Y Betawi baca I Grék.

Dalam menjalankan praktek kepengacaraan jurist Greek memakai topi tinggi yang lancip ujungnya. Topi macam ini dipakai dalam masa perpeloncoan sampai dengan sebelum Orde Lama. Lihat litho atas tim pengacara Greek di zona econ Sunda Kalapa.

Jasa jurist Greek yang umumnya diperlukan oleh klien berupa legalisasi transaksi bisnis mereka yang berbeda kebangsaan dan dalam partij besar. Terjadi sengketa dalam pelaksanaan, jurist Greek juga yang tangani.

Kenapa Greek? Network juris Greek mendunia. Seorang pebisnis yang cacat janji sulit berkecimpung lagi dalam bisnis. 

Jurist berhubungan dalam profesinya dengan penulis, atau pencatat. Tidak banyak pebisnis yang melék huruf. Pekerjaan ini di Jakarta disebut gusti. Penerjemah lain lagi. Pitung seorang gusti.

Zona ekonomi menjanjikan uang. Karena itu pelaku bisnis atau pelaku jasa dijamin keamanannya oleh keamanan bandar. Di jaman pra digital begitu rumitnya mekanisme transaksi. Tetapi toch business as usual.

Adakah organisasi serupa KADIN di zona ekonomi masa lalu? Ada. Sifatnya lokal dan pebisnis penetap yang berhimpun, namanya Sarekat Dagang. Sarekat yang memilih Syahbandar.

Awal XIX M beriring dengan.memudarnya zona econ, berakhir pula Sarekat Dagang. Sarekat Dagang Islamiyah yang berdiri 1905 tak ada kaitan historis dengan sarekat dagang zona econ. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement