Kamis 30 Dec 2021 04:36 WIB

Susianah Affandy Raih Penghargaan Perempuan Inspiratif Ibu Bumi 

Susianah raih penghargaan perempuan inspiratif pemecah rekor penggerak keluarga sehat

Susianah Affandy, Komisioner KPAI menerima penghargaan Perempuan Inspiratif Ibu Bumi 2021 dengan kategori Pemecah Rekor Penggerakan dan Penjangkauan Keluarga Sehat. Dalam catatan Hiapolo Filantropi Indonesia, kiprah Susianah sebagai Ketua Kongres Wanita Indoensia telah tercatat dalam Museum Rekor.
Foto: istimewa
Susianah Affandy, Komisioner KPAI menerima penghargaan Perempuan Inspiratif Ibu Bumi 2021 dengan kategori Pemecah Rekor Penggerakan dan Penjangkauan Keluarga Sehat. Dalam catatan Hiapolo Filantropi Indonesia, kiprah Susianah sebagai Ketua Kongres Wanita Indoensia telah tercatat dalam Museum Rekor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Susianah Affandy, Komisioner KPAI menerima penghargaan Perempuan Inspiratif Ibu Bumi 2021 dengan kategori Pemecah Rekor Penggerakan dan Penjangkauan Keluarga Sehat. Dalam catatan Hiapolo Filantropi Indonesia, kiprah Susianah sebagai Ketua Kongres Wanita Indoensia telah tercatat dalam Museum Rekor. 

Sebagai penggerak masyarakat, Susianah telah menyelenggarakan 653 kegiatan sosial kemasyarakatan dengan sasaran 103.021 keluarga. Penggerakan yang Susianah lakukan antara lain Training For Trainer (ToT), Pelatihan Penyuluhan Germas Bagi Pimpinan Organisasi Perempuan, pimpinan Majlis Taklim dan organisasi kepemudaan, pendampingan masyarakat, advokasi korban kekerasan dan perlindungan anak. 

Dalam penggerakan masyarakat, Susianah menggalang kerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dinas Kesehatan, Pemerintah Daerah, Organisasi  Kepemudaan, Organisasi Keagamaan di 4 Provinsi yakni DKI Jakarta, Sumatra Utara, Kalimantan Barat dan Propinsi Jawa Barat. 

Selain penggerakan dan penjangkauan keluarga sehat, Susianah juga tercatat aktif dalam penggerakan generasi milenial melalui penyebaran video edukasi di media sosial facebook dan Instagram dengan tagar #SAFilsuf. 

Saat menerima penghargaan, Susianah menyatakan dunia saat ini telah berubah seiring dengan perkembangan dunia digital. Maka program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak juga harus selaras dengan perubahan tersebut jika tidak ingin ketinggal jaman. Slogan “no live behind” dalam program SDG’s membutuhkan komitmen semua pihak dengan tidak meninggalkan perempuan dalam pembangunan. 

"Jangan sampai perubahan global menggerus tatanan nilai di masyarakat. Atas dasar pemikiran tersebut, Susianah dalam penggerakkan masyarakat juga mendorong kaum perempuan untuk menggunakan teknologi digital dalam setiap pergerakan sosial," ucap dia.

Saat ini Susianah tercatat aktif sebagai Komisioner KPAI, Ketua Kongres Wanita Indonesia dan Wakil Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga PBNU. Selain itu Susianah juga aktif dalam pergerakan sosial sebagai Ketua Bidang Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Nasional, Sekretaris Yayasan Pendidikan Muslimat NU yang menaungi 8999 PAUD Se-Indonesia serta anggota Pokja Rehabilitasi Sosial Korban Trafficking dan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Kemensos RI. 

Penghargaan diberikan oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Propinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo pada 27 Desember 2021 di Auditorium Perpustakaan Nasional Jalan Medan Merdeka Jakarta. Selain Susianah, ada 21 orang yang memperoleh penghargaan sebagai Perempuan Inspiratif Ibu Bumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement