Rabu 29 Dec 2021 22:26 WIB

Gelar Ruang Literasi Digital, Ruangguru Sukses Edukasi 350 Ribu Orang

Program Ruang Literasi Digital digelar untuk dukung Program Nasional Literasi Digital

 Ruangguru. Ruangguru sukses menyelenggarakan program Ruang Literasi Digital, dimana berhasil mengedukasi hampir 350 ribu orang. Hal ini jadi pencapaian penting yang dapat mendukung percepatan pemahaman literasi digital masyarakat Indonesia.
Foto:

Fakta Menarik yang Wajib Kamu Tahu tentang Ruang Digital

1. 4 Penipuan Digital yang Harus Kita Ketahui

2. 5 Cara Jitu agar Terhindar dari Hacker

3. 10 Langkah Ampuh Mengelola Rekam Jejak Digital

4. Keamanan Berselancar di Media Digital

Berdasarkan survei Index Cybersecurity Exposure (ICE) di tahun 2020, tingkat kejahatan siber di Indonesia mencapai 0,62, atau lebih tinggi dari rata-rata global yang berkisar di 0,54. Kemenkominfo juga mencatat ada lebih dari 200.000 kasus penipuan perbankan yang dilaporkan selama Maret 2020 hingga November 2021, dan angka ini menunjukkan bahwa Indonesia sudah masuk di kategori darurat.

Menjawab tantangan ini, pemerintah termasuk Kemenkominfo menggagas Program Nasional Literasi Digital untuk meningkatkan literasi digital masyarakat dan menciptakan ranah digital yang ramah, aman, dan nyaman bagi kita semua. Semuel A. Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo mengaku sangat bangga dapat bermitra dengan Ruangguru yang dalam waktu relatif singkat mampu menjangkau begitu banyak masyarakat dari berbagai lapisan dan membantu kami mensukseskan Program Nasional Literasi Digital.

Melihat tingginya minat di konten edukasi perlindungan data dan kejahatan siber, ia berharap ini akan membantu Indonesia untuk meraih salah satu tujuan dari Ruang Literasi Digital, yaitu meningkatnya kemampuan masyarakat dalam ranah digital safety atau keamanan di dunia siber.

 

Amri menambahkan, “Terdapat beberapa faktor yang turut berkontribusi atas kesuksesan ini. Di setiap sesi webinar, kami mengadakan survei langsung dan hasilnya menunjukkan bahwa 99 persen peserta menyatakan teredukasi melalui Bincang Literasi Digital, 75 persen peserta menyatakan penyampaian materi oleh narasumber sangat menarik, dan 76 persen menyatakan materi webinar sesuai dengan harapan. Survei ini kami lakukan untuk memastikan kualitas konten sekaligus cara penyampaian dari para pembicara agar tepat sasaran.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement