Rabu 22 Dec 2021 19:25 WIB

Empat Varian Covid Berkumpul di Jakarta

Penambahan varian Delta terbanyak di Indonesia saat ini masih di DKI Jakarta.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Andi Nur Aminah
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia Tarmizi M-Epid
Foto:

Nadia juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi mobilitas dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. “Kesadaran diri dan menahan keinginan berpergian harus dilakukan. Menjelang hari natal dan tahun baru alangkah lebih baik tidak melakukan perjalanan. Saya meminta masyarakat untuk bekerja sama mencegah penularan virus Covid-19 dengan menahan diri tidak berpergian,” ucapnya.

Sementara Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan terkait upaya mitigasi yang telah dilakukan sesuai anjuran World Health Organization (WHO) dengan empat upaya. Pertama, mengoordinasikan alur kedatangan internasional, melakukan surveilans dan penanganan kasus, komunikasi risiko dan mempersiapkan kapasitas pintu kedatangan.

Kedua, manajemen kasus menggunakan PCR dengan SGTF atau WGS. Ketiga, penyediaan informasi seputar kedatangan pelaku perjalanan internasional melalui berbagai website dan media sosial milik pemerintah.

Keempat, beberapa upaya tambahan untuk menguatkan kapasitas skrining di pintu kedatangan. Seperti penegakkan kedisiplinan protokol kesehatan di sekitar dan di luar pintu kedatangan, upaya skrining kesehatan di awal, dekontaminasi barang bawaan pelaku perjalanan berupa bagasi, cargo petikemas alat angkut barang dan paket pos.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement