Senin 20 Dec 2021 17:36 WIB

Survei: Dipasangkan dengan Beberapa Nama, Ganjar Selalu Menang

Calon wakil presiden akan sangat berpengaruh terhadap elektabilitas pasangan calon.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Foto:

Adapun, berdasarkan survei Populi Center, Ganjar Pranowo masuk dalam lima tokoh besar yang berpotensi menjadi capres pada 2024. Ganjar mendapatkan hasil tertinggi yaitu sebesar 58,3 persen.

"Saat ini Ganjar Pranowo mendapatkan paling banyak dukungan. Hasil survei hanya menunjukkan mengenai potensi tingkat dukungan pada saat ini dan bukan tingkat elektabilitas dari kelima tokoh tersebut," kata Peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah  secara daring, Senin (20/12).

Kemudian, ia melanjutkan, dari lima nama tokoh yang disebutkan secara terpisah, dukungan pemilih yang menyatakan akan memilih apabila figur Ganjar Pranowo maju sebagai presiden adalah sebesar 58,3 persen dan pemilih yang menyatakan tidak akan memilihnya sebesar 29,1 persen. Untuk figur Anies Baswedan sebesar 47,3 persen pemilih menyatakan akan memilih dan sebesar 41,4 persen tidak memilih.

Sementara untuk Prabowo Subianto sebesar 46,6 persen pemilih menyatakan akan memilih dan sebesar 44,1 persen menyatakan tidak akan memilih. Terhadap figur Erick Thohir sebesar 27,5 persen pemilih menyatakan akan memilih sedangkan sebesar 55,8 persen menyatakan tidak akan memilih. Adapun, pada figur Puan Maharani sebesar 17,5 persen pemilih menyatakan akan memilih, sedangkan sebesar 71 persen menyatakan tidak memilih.

Diketahui, survei ini dilakukan secara nasional mulai tanggal 1 hingga 9 Desember 2021 yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Survei dilakukan melalui wawancara telepon terhadap sampel pemilik telepon. Responden dipilih secara acak dari populasi pemilih yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak tahun 2013-2021.

Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling) dari kerangka sampling yang dimiliki Populi Center. Margin of error pada survei ini sebesar ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

photo
Lima Nama Capres di Tiga Hasil Survei - (Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement