Ahad 19 Dec 2021 20:40 WIB

Menjaga Ruh Antikorupsi dalam Semangat Bela Negara Agar Indonesia Tangguh

Akar masalah korupsi adalah upaya pencegahan daripada penindakan hukum.

Presiden Jokowi dalam amanat Presiden yang dibacakan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dalam peringatan Hari Bela Negara ke-73 tahun 2021 di Kemhan, Jakarta, Ahad (19/12).
Foto:

Oleh : Firli Bahuri, Ketua KPK

Saat ini KPK tengah fokus dengan konsep trisula. Trisula pertama adalah pendidikan dalam upaya membangun dan menanamkan nilai, karakter, budaya dan peradaban manusia Indonesia yang antikorupsi.

Trisula kedua adalah mengedepankan upaya pencegahan dan monitoring diaman KPK akan fokus bekerja di hulu, melakukan penelaahan dan kajian regulasi yang membuka celah korupsi. Hal ini sesuai amanat UU KPK bahwa lembaga antirasuah masuk ke seluruh instansi demi membentuk regulasi yang antikorupsi.

Trisula terakhir adalah penindakan yang tidak sekadar hukuman badan, tetapi hingga perampasan aset hasil korupsi demi pemulihan kerugian negara. Insya Allah dengan Trisula KPK, masyarakat dapat melihat korupsi adalah jalan sesat, perbuatan maksiat yang hanya menyuguhkan kenikmatan sesaat dimana dosanya harus ditanggung dunia akhirat.

Butuh kerelaan luar biasa agar memandang korupsi sebagai aib nan cela, bukan budaya apalagi kultur warisan leluhur bangsa. Ingat, menangkap koruptor adalah tugas KPK dan aparatur penegak hukum lainnya, tetapi mencegah terjadinya korupsi adalah wujud nyata bela negara yang dapat kita lakukan sebagai bentuk rasa cinta terhadap nusa bangsa dan tanah air Indonesia.

Dengan menyematkan selalu semangat antikorupsi dalam satu gerakan orkestrasi Pemberantasan satu padu membangun budaya antikorupsi. Mari terus gelorakan semangat bela negara agar kita senantiasa tangguh menjaga, merawat serta mewujudkan cita-cita tujuan bernegara yang tak lain meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran segenap rakyat Indonesia dalam kehidupan cerdas berbangsa dan bernegara, dari Sabang sampai Merauke, mulai Miangas hingga Pulau Rote.

Terima kasih

Salam FBI, Firli Bahuri untuk Indonesia

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement