Sabtu 11 Dec 2021 22:12 WIB

Gelar Wayang Orang, Hasto: Kebudayaan Bisa Hidupkan Rasa Nasionalisme

PDIP melalui BKN terus mendorong kelompok seni dan budaya.

PDIP melalui BKN terus mendorong kelompok seni dan budaya untuk terus mengekspresikan karyanya
Foto:

Melalui budaya, lanjut dia, masyarakat Indonesia memiliki ruang untuk melatih rasa, memahami falsafah bangsa, dan mematrikan nilai-nilai luhur. Seperti lakon Cupu Manik Astagina ini, ada pelajaran ritual bagi setiap insan untuk menjalani kehidupan. 

"Sebagaimana Bung Karno sering katakan bahwa hidup itu adalah dedication of life. Bung Karno dalam kontemplasinya menegaskan bahwa ia adalah manusia biasa, tidak sempurna. Sebagaimana manusia biasa, saya tidak luput dari kesalahan. Hanya kebahagiaanku adalah hanya mengabdi pada Tuhan, kepada bangsa, dan tanah airku. Itulah dedication of life," jelas Hasto. 

Sementara itu, Ketua Paguyuban Wayang Orang Bharata Teguh "Kenthus" Ampiranto menyampaikan terima kasihnya kepada PDIP yang telah menyelenggarakan acara ini. Dia mengaku paguyubannya itu sejak pandemi Covid-19 kesulitan untuk tampil. 

"Terima kasih untuk bantuan yang kedua kalinya atas dukungan BKN. Sekarang wayang orang," kata dia. 

Sekretaris BPN Rano Karno menambahkan PDIP berdasarkan arahan Megawati memiliki komitmen untuk mendukung seniman agar terus berkarya. Di sisi lain, Rano juga mengapresiasi Paguyuban Wayang Orang Bharata yang mampu menjaring anak-anak muda. 

"Kami ucapkan selamat kepada keluarga Wayang Bharata yang berusaha konsisten di tengah zaman yang mendesak kita. Pemuda kelahiran Jakarta juga banyak yang sadar dan melestarikan kebudayaannya. Itulah tugas BKN dari Ibu Ketum melestarikan kebudayaan nusantara," kata anggota Komisi X DPR RI itu. 

Sementara , Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP Djarot Saiful Hidayat menyatakan pernah menjadi pementas di Paguyuban Wayang Orang Bharata ini. Dia menyadari banyak pelajaran yang bisa dipetik dari setiap lakon wayang orang. 

 

"Ini adalah praktik ideologi yang senyata-nyatanya. Dan Pak Rano Karno, ini perlu kita dukung betul-betul," kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement