Selasa 07 Dec 2021 18:38 WIB

Sambutan Positif Dunia Usaha untuk Pembatalan PPKM Level 3

Nilai tukar rupiah dan IHSG ditutup positif imbas pembatalan PPKM Level 3.

Seorang anak memegang boneka salju di Mall Botani Square, Kota Bogor, Jawa Barat. Pemerintah pada Selasa (7/12) membatalkan kebijakan PPKM Level 3 di masa libur Natal dan tahun baru.
Foto:

Pembatalan kebijakan PPKM Level 3 langsung dirasakan pada nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta yang pada Selasa sore ditutup menguat. Rupiah sore ini ditutup menguat 64 poin atau 0,44 persen ke posisi Rp 14.378 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 14.442 per dolar AS.

"Dolar melemah tipis pada hari Selasa karena kekhawatiran atas varian baru Omicron yang perlahan mereda," kata analis sekaligus Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi.

Pelaku pasar saat ini juga merasa sulit untuk memprediksi bagaimana bank sentral akan menyesuaikan kebijakan moneter mereka untuk mengekang inflasi yang tinggi. Investor sekarang melihat ke minggu berikutnya, ketika The Federal Reserve, Bank Sentral Eropa, dan Bank of England akan memutuskan kebijakan moneternya.

"Dari dalam negeri, pelaku pasar merespons positif pembatalan kebijakan PPKM Level 3 di semua daerah saat Natal dan Tahun Baru 2022," ujar Ibrahim.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga ditutup di zona hijau pada perdagangan hari ini. IHSG menguat 0,85 persen ke level 6.602,56 dengan indeks LQ45 naik signifikan sebesar 1,20 persen.

Sektor transportasi dan logistik, industri, keuangan, finansial, properti, bahan dasar, hingga kesehatan bergerak positif dan mendominasi kenaikan IHSG hari ini. Investor asing di seluruh pasar membukukan penjualan bersih sebesar Rp 57,5 miliar.  

Pembatalan PPKM Level 3 menjadi sentimen positif untuk pergerakan IHSG. Kebijakan PPKM dibuat lebih seimbang dengan tidak menyamaratakan perlakuan di semua wilayah Indonesia. "Kondisi ini tampaknya di respons positif, dimana memberikan ruang akan aktivitas ekonomi terjaga," kata Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Selasa (7/12).

Penguatan IHSG sejalan dengan bursa regional Asia yang bergerak menguat. Menurut Pilarmas Investindo Sekuritas, pasar juga merespons positif sentimen surplus perdagangan China.

Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM level 3 pada periode Natal dan Tahun Baru secara merata pada semua wilayah, melainkan memberlakukan sejumlah pengetatan. Dengan demikian, penerapan level PPKM selama Natal dan tahun baru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan.

Sementara itu, jumlah kasus harian Covid-19 pada Senin (6/12) kemarin mencapai 130 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif mencapai 4,26 juta kasus. Sedangkan jumlah kasus meninggal akibat terpapar Covid-19 mencapai 9 kasus sehingga totalnya mencapai 143.876 kasus.

Adapun untuk jumlah kasus sembuh bertambah sebanyak 2.005 kasus sehingga total pasien sembuh mencapai 4,11 juta kasus. Dengan demikian, total kasus aktif Covid-19 mencapai 5.642 kasus.

Untuk vaksinasi, jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin dosis pertama mencapai 142,7 juta orang dan vaksin dosis kedua 99,23 juta orang dari target 208 juta orang yang divaksin.

photo
Libur Tahun Baru - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement