Jumat 03 Dec 2021 00:01 WIB

Cerita Joko Buta Sementara, KIPI Vaksin, dan Survei Mafindo

Kondisi Joko kini membaik setelah sempat alami gangguan penglihatan usai divaksin.

Joko Santoso (kiri), warga Kota Malang menceritakan pengalaman kebutaannya setelah mendapatkan vaksin AstraZeneca, Kamis (2/12). Kondisi Joko kini berangsur membaik.
Foto:

Lurah Arjowinangun, Andi Hamzah menyatakan, dirinya langsung menindaklanjuti laporan yang dialami Joko pada September lalu. "Berupa koordinasi dulu karena kejadian itu pada hari libur, Sabtu dan Minggu sehingga kami bertindak secara administrasi itu Senin," katanya.

Pada akhirnya, kelurahan berusaha agar Joko tidak mengeluarkan biaya apa pun saat menjalani perawatan di RS. Untuk bisa melakukan tersebut, Andi berkoordinasi dengan Puskemas dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang.

Dengan surat pengantar RT/RW, pihaknya berhasil mengusulkan agar Joko menjadi peserta BPJS Kesehatan. Melalui bantuan tersebut, Joko pun tidak perlu mengeluarkan biaya kesehatan.

"Itu secara administrasi. Kemudian secara koordinasi, kami langsung berkoordinasi dengan camat, Dinsos, Baznas, Dinas Kesehatan terkait langkah apa. Dinkes itu terkait langkah medis," kata Andi.

Kemudian dengan Dinsos, kelurahan berusaha agar Joko dan keluarga bisa mendapatkan bantuan kebutuhan pokok. Dengan berbagai upaya, Andi mengklaim, keluarga Joko pada akhirnya bisa mendapatkan bantuan sembako hingga sekarang.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan yang dialami Joko. Dinkes juga sudah memfasilitasi bantuan pemeriksaan kesehatan untuk yang bersangkutan.

"Kalau penyebabnya masih dalam pemeriksaan ahli," kata dia menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement