Jumat 19 Nov 2021 06:02 WIB

Setahun Vakum, Wisata Kampung Korea di Bandung Menggeliat 

Para pengunjung yang datang ke Kampung Korea tidak harus membayar tiket masuk. 

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Wisatawan menggunakan pakaian tradisional Korea (Hanbok) berswafoto di Wisata Kampung Korea.
Foto:

Herd immunity 

Di sisi lain, Pemkot Bandung mengklaim kekebalan kelompok atau herd immunity sudah terbentuk di wilayahnya seiring program vaksinasi Covid-19 yang hampir mencapai 100 persen. Terlebih, tingkat fatalitas warga yang terpapar Covid-19 semakin rendah.

"Secara teori kata saya mah udah (terbentuk herd immunity) karena tadi BOR (Bed Occupancy Rate) itu jauh WHO mah 60 persen sekarang kita range 4,5 dan 6 baru kali ini," ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana seusai meresmikan penataan PKL di Jalan Begawan, Kamis (18/11).

Dengan fakta tersebut, dia menuturkan, fatalitas warga yang terpapar Covid-19 dan harus dirawat di rumah sakit semakin rendah dan berkurang. Mereka yang terpapar Covid-19 banyak yang berstatus orang tanpa gejala (OTG).

"Berarti fatalitas orang terpapar karena sekarang konfirmasi aktifnya lumayan masih ada ratusan, tapi yang dirawat rendah berarti fatalitas berkurang dengan vaksin dia jadi OTG," katanya.

Yana melanjutkan, angka BOR masih 6 persen dipengaruhi oleh jumlah kamar pasien Covid-19 yang saat ini dikurangi karena melandai. Bahkan sudah terdapat beberapa rumah sakit di Kota Bandung tidak lagi menjadi rujukan Covid-19.

"Kita dulu sampai 2.500 kamar kalau 6 persen itu banyak. Sekarang gak lebih dari 1.500. Ada yang gak jadi rumah sakit rujukan," katanya.

Dia melanjutkan positivity rate penyebaran kasus Covid-19 berada di angka 0,15. Vaksinasi Covid-19 saat ini pun hampir mencapai 100 persen untuk dosis pertama dan 83 persen untuk dosis kedua.

 

"Kalau vaksin dosis satu 96.8 persen hampir 1.9 juta orang dosis dua 83 persen, on the target. Kenapa dosis dua rendah nunggu 28 hari," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement