Rabu 17 Nov 2021 19:19 WIB

Pertama Kalinya Wakil RI Terpilih Jadi Sekjen IORA

Dubes RI untuk Afsel terpilih menjadi Sekjen Indian Ocean Rim Association (IORA)

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Dubes RI untuk Afsel terpilih menjadi Sekjen Indian Ocean Rim Association (IORA) periode 2022-2024. Ilustrasi.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Dubes RI untuk Afsel terpilih menjadi Sekjen Indian Ocean Rim Association (IORA) periode 2022-2024. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA - Duta Besar (Dubes) RI untuk Afrika Selatan (Afsel) Salman Al Farisi terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Indian Ocean Rim Association (IORA) periode 2022–2024 dalam penetapan pada Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) IORA yang ke-21 di Dhaka, Bangladesh, Rabu (17/11). Wakil dari Sri Lanka dan Malaysia juga turut dicalonkan untuk menduduki jabatan Sekjen IORA.

"Terpilihnya wakil dari Indonesia sebagai Sekretaris Jenderal IORA sangat membanggakan. Untuk pertama kalinya wakil Indonesia menduduki jabatan strategis tertinggi di IORA sejak pembentukannya di tahun 1997 dan ini diperoleh melalui upaya diplomasi yang baik," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam keterangan pers yang diterima Republika, Rabu (17/11).

Baca Juga

Dalam pidatonya di hadapan negara-negara anggota IORA usai pemilihan, Retno menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan kepada kandidat Indonesia. Ia yakin sebagai Sekjen IORA Dubes Salman Al Farisi akan berkontribusi optimal dalam mengembangkan organisasi.

"Dengan pengalamannya yang luas, Dubes Al Farisi akan memberikan kontribusi maksimal dalam mengembangkan organisasi dan meningkatkan kapasitas Sekretariat IORA agar dapat melayani dan memfasilitasi negara-negara anggota dengan lebih baik," kata Retno.

Retno juga menyampaikan apresiasi atas proses pemilihan Sekjen IORA yang dilakukan secara berimbang, transparan, dan inklusif. Hal tersebut, ujar dia, penting untuk memperkuat kapasitas kelembagaan IORA.

Retno mengatakan kepemimpinan Indonesia dalam mengemban jabatan sebagai Sekjen IORA diharapkan dapat berkontribusi dalam kemajuan kerja sama IORA dan dapat bergerak lebih cepat dalam menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Indonesia selalu berperan aktif dalam IORA. Pada 2017, untuk pertama kalinya IORA mengadakan KTT di Indonesia, sekaligus dalam rangka memperingati 20 tahun berdirinya IORA.

Kerja sama maritim dan perikanan merupakan core competency IORA khususnya terkait pembangunan ekonomi berkelanjutan berbasis laut. Keterwakilan Indonesia di IORA sebagai Sekjen juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi berbasis kelautan Indonesia serta pada saat bersamaan meningkatkan profil kepemimpinan Indonesia di kancah internasional.

Dubes Salman Al Farisi Akan menjalankan tugas sebagai Sekjen IORA efektif mulai 1 Januari 2022 dengan masa jabatan selama tiga tahun. IORA merupakan pelopor dan satu-satunya organisasi regional dengan cakupan seluruh wilayah Samudra Hindia.

Prioritas kerja sama dalam kerangka IORA utamanya memperkuat kerja sama ekonomi, maritim, dan pembangunan berkelanjutan di dalam Kawasan Samudera Hindia. IORA memiliki 23 negara anggota dan sembilan mitra wicara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement