Rabu 17 Nov 2021 18:30 WIB

Dosen Universitas BSI Gelar Pelatihan Teknik Formatting Word

Dosen Universitas BSI menyebut pelatihan formatting word tidak banyak dikuasai

Dosen Program Studi (prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar kegiatan pengabdian masyarakat, berupa Pelatihan Teknik Formating Word. Kegiatan ini digelar untuk para staf dan pengurus TPQ Fathul Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta  Ahad (14/11).
Foto: UBSI
Dosen Program Studi (prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar kegiatan pengabdian masyarakat, berupa Pelatihan Teknik Formating Word. Kegiatan ini digelar untuk para staf dan pengurus TPQ Fathul Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Ahad (14/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Dosen Program Studi (prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar kegiatan pengabdian masyarakat, berupa Pelatihan Teknik Formating Word. Kegiatan ini digelar untuk para staf dan pengurus TPQ Fathul Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta  Ahad (14/11). 

Tim dosen terdiri dari Agus Salim, Nurul Afni, Ali Haidir, Hariyanto dan beberapa mahasiswa yang terlibat. Agus Salim menuturkan, pelatihan ini digelar berdasarkan kebutuhan dari para pengurus TPQ Fathul Kelurahan Kebon Bawang yang sering menggunakan Microsoft word sebagai pembuatan laporan, dokumen atau kebutuhan surat menyurat. 

“Pelatihan teknik formatting word ini ternyata banyak belum dikuasai, salah satunya teknik melacak perubahan seperti penghapusan, pemindahan serta pemformatan. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu membuka menu File, kemudian pilih Review, pada tab Tracking kemudian pilih Track Changes,” ujar Agus dalam rilis yang diterima, Selasa (16/11). 

Menurutnya, hal yang paling lumrah dan gampang namun acapkali disepelekan adalah fitur Auto Correct yang dapat menghemat waktu pengetikan. Pada umumnya hampir semua orang memilih untuk mengetik kata yang sama, pada kata tersebut bisa dibuat untuk menjadi otomatis. 

“Contohnya saja kata ‘rt’ yang akan menjadi otomatis ketika diketik menjadi ‘rukun tetangga’. Caranya cukup memilih Tools, Auto Correct, dan tulis beberapa huruf depan yang diinginkan pada kolom Replace kemudian ubah menjadi kata yang dimaksud pada kolom With, kemudian pilih Add,”jelasnya. 

Agus juga menjelaskan cara pembuatan header dan footer serta tabulasi pada keyboard. Ia berharap, dengan adanya pelatihan ini dapat membuat pengurus dan staf TPQ Kelurahan Kebon Bawang menjadi lebih efisien dan efektif lagi dalam pengelolaan laporan serta surat menyurat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement