Selasa 16 Nov 2021 13:30 WIB

Pakar Ungkap Kemiripan Kasus Covid-19 India-Indonesia

Pola transmisi Covid-19 di Indonesia mirip dengan yang terjadi di India.

Pengendara motor melintasi mural bertemakan sosialisasi untuk vaksinasi Covid-19 di Bekasi, Jawa Barat, Senin (15/11/2021). Kasus Covid-19 di Indonesia melandai sebulan terakhir. Pola transmisi Covid-19 di Indonesia disebut mirip dengan India.
Foto:

Pernah menetap di India selama menjabat sebagai direktur WHO Asia Tenggara, Prof Tjandra mengemukakan bahwa pola lonjakan-turunnya kasus Covid-19 di India memiliki pola yang sama dengan yang terjadi di Indonesia. Semirip apa?

Prof Tjandra mengungkap, Indonesia memiliki lonjakan kasus yang sangat tinggi pada pertengahan tahun 2021. Kasus kemudian menurun secara sistematis dalam dua bulan setelahnya dan bertahan melandai di bawah 1.000 kasus per hari sejak 15 Oktober hingga hari ini.

photo
Penurunan kasus Covid-19 - (Republika)

Kendati demikian, Prof Tjandra menekankan bahwa seluruh dunia masih dilanda ketidakpastian terkait pandemi Covid-19. Ia menjelaskan bahwa Covid-19 baru berumur dua tahun dan masih banyak informasi yang perlu digali lebih dalam oleh para peneliti untuk bisa melakukan pencegahan dan pengendalian lebih tepat.

Prof Tjandra membandingkan dengan penyakit-penyakit berbahaya lain yang usianya sudah puluhan hingga ratusan tahun. Penyakit itu cenderung bisa dikendalikan melalui tata cara pencegahan dan penanganan yang adekuat (memadai) karena sudah memiliki informasi mengenai penyakitnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement