Kamis 11 Nov 2021 21:31 WIB

BMKG Ajak Masyarakat Memahami Jalur Evakuasi Tsunami

Masyarakat tak punya banyak waktu untuk mencari tempat berlindung saat tsunami datang

Jalur evakuasi tsunami. Ilustrasi
Foto: ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA
Jalur evakuasi tsunami. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengajak masyarakat memahami jalur evakuasi bencana lewat papan jalur evakuasi. Pemahaman masyarakat akan membuat upaya evakuasi ke tempat aman lebih cepat saat tsunami menerjang.

"Sehingga masyarakat bisa selamat dari bencana yang tidak tahu kapan terjadi, tapi cepat datangnya itu," kata Staf Operasional Sub Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, M Harvan di Labuan Bajo, Kamis (11/11).

Baca Juga

Dia mengatakan, jalur evakuasi merupakan hal yang sangat penting dalam manajemen bencana tsunami. Sebab, tsunami akan terjadi dalam waktu yang singkat. Karena itu, pengetahuan tentang jalur evakuasi akan membantu masyarakat dari lokasi mereka ke lokasi aman dalam waktu yang cukup singkat.

Saat melakukan aktivitas susur jalur evakuasi di beberapa titik jalan di Labuan Bajo, Harvan melihat ada beberapa hal yang perlu diperbaiki ke depan. Pertama, beberapa titik penting seperti tikungan dan persimpangan jalan belum memiliki papan informasi bencana dan papan penunjuk arah evakuasi.

Ketiadaan papan tersebut akan mengakibatkan para pendatang atau turis kesulitan menuju tempat evakuasi sementara atau tempat evakuasi akhir. Selanjutnya, ada titik kumpul yang belum memiliki papan informasi. Selain itu, tempat evakuasi sementara dinilai cukup jauh oleh beberapa warga yang rumahnya terlampau jauh.

Atas beberapa catatan tersebut, Harvan berharap pemerintah daerah bisa menyediakan beberapa pilihan tempat evakuasi yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Dia juga berharap kegiatan serupa bisa direplikasi oleh pemangku kepentingan lain di Labuan Bajo guna penyebarluasan informasi terkait kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami.

"Kegiatan seperti susur jalur ini tidak boleh berhenti di sini saja. Pemerintah bisa kembali adakan kegiatan berikutnya sehingga masyarakat bisa melakukan upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana," kata Harvan.

Berdasarkan sejarah, perairan Labuan Bajo di Manggarai Barat dan Komodo pernah mengalami dua kali tsunami, yaitu pada 28 November 1836 dan 14 April 1855. Karena itu, BMKG mengajak masyarakat memahami jalur evakuasi ketika ada ancaman bencana tsunami yang terjadi nanti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement