Kamis 04 Nov 2021 15:45 WIB

'Musim' Deklarasi Capres Oleh Relawan Jelang Akhir 2021

Pengamat memprediksi deklarasi capres oleh kelompok relawan akan terus bermunculan.

Rep: Nawir Arsyad Akbar, Rizky Suryarandika, Rr Laeny Sulistyawati, Antara/ Red: Bayu Hermawan
Relawan yang menamakan diri Poros Prabowo-Puan mendeklarasikan diri untuk mengusung Prabowo Subianto-Puan Maharani pada Pilpres 2024 di kawasan Matraman, Jakarta, Rabu (3/11).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Relawan yang menamakan diri Poros Prabowo-Puan mendeklarasikan diri untuk mengusung Prabowo Subianto-Puan Maharani pada Pilpres 2024 di kawasan Matraman, Jakarta, Rabu (3/11).

REPUBLIKA.CO.ID, Jelang akhir tahun 2021, partai-partai politik (Parpol) masih belum secara tegas menyatakan siapa tokoh yang akan diusung sebagai calon presiden (Capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Berbeda dengan Parpol, deklarasi-deklarasi mendukung capres justru gencar dilakukan oleh kelompok relawan. 

Tercatat setidaknya ada empat tokoh yang telah dideklarasikan oleh relawan. Pada 20 Oktober lalu, Relawan dari sejumlah komunitas yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) menyampaikan deklarasi dukungan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menjadi calon presiden pada pemilu presiden 2024 di Gedung Joang 45, Jakarta. 

Baca Juga

Koordinator Deklarator ANIES, La Ode Basir, pada kegiatan tersebut, mengatakan, pernyataan deklarasi yang disampaikan oleh relawan ANIES adalah inisiatif dari para relawan ANIES. La Ode Basir menyatakan, relawan ANIES menyampaikan pernyataan deklarasi untuk Anies Baswedan ini dengan pertimbangan, Anies Baswedan memiliki prestasi berdasarkan sejumlah capaian Anies memimpin DKI Jakarta.Dukungan dari relawan ANIES itu juga disebut La Ode Basir, lahir secara spontan. 

"Sebelum deklarasi, relawan melakukan serangkaian diskusi terkait refleksi empat tahun kepemimpinan Anies," katanya.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk mendorong gubernur DKI Jakarta itu menjadi calon memimpin Indonesia melalui pemilu presiden 2024.Para relawan juga menilai, sikap Anies yang memilih bungkam terkait dirinya dideklarasikan sebagai calon presiden, adalah sikap yang tepat.

"Bagi saya itu pilihan tepat. Ini bukti bahwa Anies adalah orang yang jujur. Karena, bagaimana dia tahu, kami sendiri tidak menyampaikan deklarasi kepada beliau," kata La Ode.Menurut La Ode, kegiatan "Deklrarasi Anies Baswedan for Presiden 2024" ini wujud dukungan dari masyarakat melalui komunitas ANIES.

Tak berselang lama, tepatnya pada 29 Oktober, giliran Jokowi Mania mendukung Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024. Kelompok relawan yang pada dua Pilpres lalu sukses mengantarkan Jokowi menjadi Presiden Indonesia itu menilai, Gubernur Jateng adalah sosok yang tepat untuk menjadi "the Next" Jokowi.

"Kami dukung Ganjar Pranowo pengganti Jokowi di 2024. Ganjar memiliki integritas, sosok pekerja, dan memiliki komitmen untuk kebinekaan.Ini sudah menjadi keputusan organisasi," ujar Ketua Jokowi ManiaImanuel Ebenezer.

Terkait apakah Ganjar mendapatkan dukungan dari PDI perjuangan, Ebenezer menegaskan mereka merupakan relawan yang mempunyai hak konstitusi. "Kami tidak bersentuhan dengan partai, kami adalah relawan yang punya hak konstitusi untuk menyampaikan pandangan dan pendapat berkaitan kepemimpinan bangsa ini 2024," kata Ebenezer menegaskan.

Dukungan untuk Ganjar maju di Pilpres juga datang dari kelompok relawan "Ganjarist". Bahkan, kelompok relawan ini yakin Ganjar bakal mendapatkan tiket dari PDIP untuk maju di Pilpres 2024. "Kami optimistis Pak Ganjar 'direkom'. Sebab melihat sejarah, Bu Megawati pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019 beliau bisa mengalah," ujar Ketua Umum "Ganjarist" Mazdjo Pray.

Ia menyebut, sosok Megawati sebagai ketua umum PDI Perjuangan memiliki keputusan politik tepat, apalagi melihat posisi Ganjar yang saat ini masuk tiga besar calon presiden dengan elektabilitas tertinggi. "Ibu Mega seorang yang punya ketajaman insting luar biasa dan punya kecerdasan emosional hebat. Sehingga beliau sangat logis dalam politik. Kami yakin Ibu Megawati tidak akan menyia-nyiakan Pak Ganjar," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement