Selasa 02 Nov 2021 16:40 WIB

Imam Indonesia Siap Bertugas di Masjid UEA

Pengiriman imam demi mempromosikan pemahaman Islam yang moderat.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Imam Indonesia Siap Bertugas di Masjid UEA. Salah satu lampu gantung kristal di Masjid Sheikh Zayed di Uni Emirat Arab (UEA).
Foto:

Husin Bagis mengaku senang para imam pertama telah tiba di Abu Dhabi. Program ini, kata dia, akan mendorong saling belajar bagi kedua negara dan mempromosikan pemahaman Islam yang moderat.

“Kerja sama dalam pengiriman Imam merupakan bukti lain dari eratnya hubungan kedua negara, yang tidak hanya terfokus pada kerja sama ekonomi saja,” kata Bagis.

Bagis juga berharap imam masjid dari Indonesia dapat mempelajari bagaimana Islam dijalankan di UEA dengan penuh toleransi dan bagaimana berkontribusi pada terciptanya perdamaian di masyarakat, tanpa menimbulkan gesekan apapun. "Ketika mereka kembali ke Indonesia, mereka dapat menerapkan dan mempromosikan hal yang sama," ujarnya.

Serangkaian wawancara untuk imam baru berlangsung pada Oktober lalu di Jakarta. Dari 89 calon imam, 23  imam saat ini masih dalam proses penerbitan persetujuan dari otoritas UEA. Mereka diharapkan terbang ke UEA pada Desember tahun ini. UEA dan Indonesia telah menjalin kemitraan agama yang kuat dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran imam masjid asal Indonesia untuk ditempatkan di UEA pada 13-22 Agustus 2021. Seleksi virtual dilakukan pada 25-27 Agustus 2021. 

Syarat yang harus dipenuhi pelamar adalah, sebagai berikut.

  1. Hafal Alquran 30 juz 
  2. Sehat jasmai dan rohani 
  3. Menguasai ilmu tajwid, baik teori maupun praktik 
  4. Memiliki suara yang fasih dan merdu 
  5. Dapat berkomunikasi dalam bahasa Arab 
  6. Memahami hukum fiqih 
  7. Tidak bergabung dalam partai politik 
  8. Memahani retorika dakwah 
  9. Mampu berkhutbah 
  10. Berakhlak mulia 
  11. Berpaham Ahlussunnah wal jamaah dengan manhaj wasatiyyah 
  12. Sudah menikah atau berusia minimal 25 tahun

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement