Ahad 31 Oct 2021 06:32 WIB

Ganjar Setuju Penghapusan Cuti Bersama Akhir Tahun

Menurut Ganjar, tidak perlu menambah hari libur saat Natal dan Tahun Baru.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Foto: ISTIMEWA
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo setuju dengan adanya penghapusan cuti bersama Natal dan Tahun Baru atau akhir tahun yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Menurut Ganjar, tidak perlu menambah hari libur saat Natal dan Tahun Baru karena keduanya jatuh pada akhir pekan.

"Lebih baik karena harinya itu Natal dan tahun baru sama-sama hari Sabtu. Kalau hari Sabtu dan Minggu maka ya liburnya itu aja," kata Ganjar dalam keterangan, Ahad (31/10).

Baca Juga

Keputusan penghapusan cuti bersama tertuang dalam Surat Keputusan Bersama tiga menteri yang menghapus cuti bersama pada 24 Desember 2021. Ganjar mengatakan, kebijakan itu akan lebih baik guna menekan mobilitas masyarakat pada masa libur Nataru mendatang sehingga kasus Covid-19 bisa dikendalikan.

"Kalau liburnya hanya dua hari itu maka kemungkinan orang bermigrasi pindah dari satu tempat ke tempat lain itu bisa mengendalikan Covid-19 dari kemungkinan terjadi kerumunan. Kalau saya setuju banget," katanya.

Ganjar juga setuju jika ada pelarangan pengambilan cuti aparatur sipil negara (ASN) pada momen perayaan libur Nataru. Dia mengimbau agar masyarakat diminta merayakan Natal dan Tahun Baru di rumah masing-masing.

"Kami sarankan yang merayakan Natal dan Tahun Baru di tempat masing-masing. Jadi nggak usah pindah kota. Dengan cara itu kita bisa mencegah perpindahan atau pergerakan penduduk yang besar," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement