Selasa 26 Oct 2021 08:56 WIB

10 Bahasa Pemrograman Paling Populer

Bahasa pemprograman berisi instruksi baris kode agar bisa dimengerti oleh komputer

Bahasa pemrograman sendiri telah menjadi penghubung bagi manusia dan mesin untuk berinteraksi. Oleh karena itu, untuk kamu yang akan bekerja di bidang IT seenggaknya bisa mempelajari salah satu dari berbagai jenis bahasa pemrograman.
Foto:

3. Python

Tidak hanya pembuatan aplikasi, saat ini peran data science juga cukup mempengaruhi berbagai sektor. Salah satu bahasa pemrograman yang wajib sobat milenia pelajari untuk pengembangan data science dan paling populer ialah Python.

Python merupakan bahasa pemrograman yang simpel tetapi elegan. Sehingga tidak sedikit perusahaan yang menggunakan bahasa pemrograman ini. Terutama untuk perusahaan dengan keperluan pengembangan AI atau artificial intelligence.

Selain itu, pustaka dokumentasi milik Python banyak membahas visualisasi data dalam jumlah besar menggunakan Matplotlib, Pandas, dan lainnya.

Oleh karena itu, tidak sedikit dari para praktisi dunia teknologi yang menggunakan bahasa pemrograman Python untuk memprogram aplikasi desktop juga.

Bahkan, karena kemampuan serta kompatibilitasnya yang mumpuni, perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Yahoo!, Instagram, Pinterest, YouTube, hingga Reddit ikut menggunakan bahasa pemrograman Python pada software mereka.

4. Dart

Dart adalah bahasa pemrograman yang saat ini sedang populer dan merupakan bahasa yang dikembangkan oleh google. Bahasa pemrograman Dart semakin populer karena bisa memenuhi kebutuhan dalam membuat aplikasi android atau mobile, front-end, web, IoT, back-end (CLI), dan Game.

Dart menerapkan konsep pemrograman berorientasi objek (OOP) yang mana struktur kode berada dalam class yang berisi method maupun variabel. Dart sendiri menggunakan C-Style syntax sehingga mekanisme dart mirip dengan bahasa pemrograman C, java, javascript, dan Swift.

Bahasa pemrograman ini sesuai dengan pengembangan aplikasi modern dan memiliki implementasi berkinerja tinggi. Bahkan, bahasa ini juga dapat kita gunakan sebelum kita kompilasi.

Dart merupakan bahasa yang wajib dikuasai untuk mengembangkan aplikasi Flutter. Dengan Dart, kita hanya perlu satu codebase untuk dapat mengembangkan aplikasi pada berbagai platform seperti web, Android, dan iOS.

Bahasa Dart dirancang supaya familier dengan bahasa pemrograman lain sehingga mudah bagi yang sudah mengerti bahasa pemrograman lain maupun bagi yang baru memulai perjalanannya sebagai developer.

Penggunaan bahasa Dart itu gratis (open source) dan optimal untuk pengembangan UI (User Interface) secara cepat dan produktif pada banyak platform.

5. Ruby

Dalam dunia web development, Ruby merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang kerap developer gunakan. Namun, sekarang ini, Ruby menjadi bahasa pemrograman yang populer. Karena bahasa pemrograman tersebut memiliki salah satu komunitas pengguna dengan reputasi yang paling ramah dan membantu.

Selain itu, Ruby menggunakan sintaks yang sederhana dan cukup mudah untuk kamu yang benar-benar baru berkecimpung di dunia programming.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement