Sabtu 23 Oct 2021 09:53 WIB

Anies Harap KAHMI Jaya Jaga Persatuan dan Kesetaraan Jakarta

Kata Anies, KAHMI mampu memberi kontribusi pada berbagai aspek di Indonesia.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berharap agar Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jaya turut menjaga keharmonisan kehidupan bermasyarakat di Ibu Kota dengan memelihara persatuan dan kesetaraan di Jakarta dalam menyambut musyawarah wilayah (muswil) ke-10.

Menurut Anies, Jakarta akan maju dan membahagiakan warganya, jika persatuan dan keadilan yang berlandaskan kesetaraan bisa dijalankan dengan baik. Dia ingin persatuan itu dirawat dan dijaga.

"Saya sering menjelaskan, Indonesia itu unik karena memiliki bahasa persatuan, yang sebagian besar belum tentu dimiliki negara lain. Intinya persatuan ini harus dirawat, tujuan akhirnya adalah menciptakan keadilan sosial, agar upaya kesetaraan warga di Jakarta bisa terwujud di berbagai aspek kehidupan," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (22/10),

Muswil ke-10 KAHMI Jaya mengusung tema 'Meneguhkan Komitmen Peran KAHMI Jaya, Dalam Percepatan Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi, untuk Mewujudkan Keadilan Sosial'. Sebagai alumni HMI, Anies menyambut baik kegiatan itu, karena KAHMI mampu memberi kontribusi pada berbagai aspek di Indonesia.

"Kita bersyukur bahwa KAHMI Jaya di bawah pimpinan Pak Taufik kegiatannya berjalan dengan baik. Alhamdulillah kader-kader HMI di berbagai tempat ini bagus, karena tidak ada organisasi mahasiswa sebesar HMI yang bisa berkontribusi ke berbagai aspek di Indonesia," ujar Anies.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) itu menjelaskan, tantangan ke depan yang akan dihadapi oleh KAHMI Jaya tidaklah ringan. Pasalnya, pada masa pandemi Covid-19, segala urusan harus dijalankan secara kolaborasi oleh seluruh lapisan masyarakat.

Anies ingin berharap kepengurusan yang terpilih dalam muswil tersebut bisa menjalankan amanat, serta meneruskan pekerjaan yang sudah berlangsung.

"Kita berharap adanya kesinambungan program yang telah dikerjakan. Kita bisa membuktikan bahwa KAHMI di Jakarta bisa terkonsolidasi, karena bisa dikatakan bahwa di sinilah pusat aktivitas KAHMI majelis nasional dan di sini jugalah dan majelis wilayahnya. Semua bisa berkolaborasi dan itu harus dijalankan dengan baik," ujar Anies.

Selain dihadiri Anies, Muswil ke-10 KAHMI Jaya juga turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik, Ketua Presidium MN KAHMI Akbar Tanjung, beserta para tokoh dan anggota yang tergabung dalam keluarga KAHMI Jaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement