Selasa 19 Oct 2021 14:30 WIB

Kemajemukan Itu Nyata Perlu Dirawat Pemuda

Kongres Pemuda II begitu kental dengan simbol-simbol persatuan.

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah menekankan pentingnya sosialisasi Pancasila. Menurut dia, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Badan Sosialisasi MPR adalah dua lembaga yang bertugas membentuk mental ideologi bangsa di era reformasi.
Foto:

Prakoso menyinggung contoh sederhana membawa nama baik bangsa. Yakni keberhasilan Jonatan Christie dkk membawa pulang Piala Thomas ke Indonesia usai mengandaskan China 3-0, pada laga final di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10) malam.

Sedangkan Rektor Universitas Paramadina Didik J. Rachbini menilai penting kampanye kebangsaan melalui dialog dan berbagai lomba bagi para pemuda. Ia mengapresiasi BPIP. "Kita harus selalu dialog, bukan monolog. Perlu saling belajar, mengkaji," kata Didik.

Ekonom senior ini merasa berbagai elemen masyarakat seperti ormas sudah tidak mempermasalahkan Pancasila. Namun perlu terus dirawat oleh para pemuda melalui riset dan aktualisasi. "Pemikiran-pemikiran Cak Nur (Nurcholish Madjid) juga memiliki relevansi untuk dikembangkan dan disosialisasikan dalam kerangka penguatan ideologi Pancasila," beber Didik.

Dialog Kebangsaan ini atas inisiasi BPIP dan Fakultas Falsafah dan Peradaban Universitas Paramadina yang didukung oleh Universitas Mahakarya Asia, Bernas.id dan Paramasophia. Banyak akademisi dan mahasiswa mengikuti via daring. Juga diumumkan para pemenang lomba esai dan video nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement