Sabtu 16 Oct 2021 18:29 WIB

Tips dan Trik Aman Bertransaksi Digital

Dosen Universitas BSI berbagi tips dan trik agar aman dari kejahatan digital

Dosen Universitas BSI berbagi tips dan trik agar aman dari kejahatan digital
Foto:

2. Jangan memberikan kode OTP kepada siapapun

Kode OTP (On Time Password) merupakan sebuah kode yang bersifat sementara, dimana biasanya kode ini akan diberikan ketika akan melakukan login pada aplikasi. Beberapa pelaku kejahatan memanfaatkan kode OTP ini untuk mengelabui pengguna, melalui telepon ataupun undian berhadiah yang meminta untuk memberikan kode OTP. Maka dari itu jika ada kode OTP yang masuk melalui SMS ataupun aplikasi lainnya tanpa diminta, wajib dicurigai bahwa ada orang yang mau membobol akun yang dimiliki. 

3. Mengganti pin atau password secara berkala dan gunakan password yang kuat

Setiap akun yang digunakan untuk bertransaksi digital, pastinya memiliki password dan pin, password ini harus diganti secara berkala. Hal ini dimaksudkan untuk mempersulit penyerang ataupun pelaku kejahatan dalam menebak password yang digunakan. 

Dengan mengganti password secara berkala, maka akan membuat akun lebih aman. Selain itu dalam membuat password, gunakan password yang kuat. Caranya dengan memanfaatkan kombinasi antara huruf besar dan huruf kecil, serta menggunakan simbol ataupun tanda baca. Hal ini dimaksudkan agar password yang dibuat memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan tidak mudah ditebak oleh penyerang. 

4. Hati hati dalam menginstal aplikasi

Jangan menginstal aplikasi yang berada diluar penyelenggara resmi seperti playstore untuk android atau appstore untuk iphone. Banyak aplikasi yang tidak resmi yang disalurkan menggunakan media illegal. 

Biasanya aplikasi seperti ini sudah disusupi ataupun ditanami sebuah program yang dapat mencuri data pribadi yang ada di ponsel. Selain itu, ketika berselancar di dunia maya, jangan kunjungi situs situs berbahaya karena biasanya di dalam situs tersebut banyak sekali program yang berbahaya yang dapat mencuri data pribadi. 

5. Mengaktifkan notifikasi transasksi

Hal ini dipergunakan agar mengetahui adanya transaksi yang dilakukan tanpa sepengetahuan pengguna. Biasanya, setiap aplikasi yang digunakan untuk melakukan transaksi digital memiliki fitur notifikasi yaitu memberitahukan kepada pengguna apabila ada transaksi yang dilakukan. Jika menemukan notifikasi mencurigakan, sebaiknya segera mengganti password yang kuat untuk mengamankan akun. 

6.  Jangan mudah percaya dan selalu tanamkan rasa curiga dengan informasi yang mencurigakan

Maraknya link phising yang sering disebarkan oleh teman atau kerabat, membuat rasa kepercayaan menjadi memudar. Apalagi yang membagikan link tersebut adalah orang yang sangat dipercaya dan dikenal.

 

Namun, jangan asal mengklik link yang dibagikan tersebut, bisa jadi link tersebut merupakan link yang dimanfaatkan oleh penyerang untuk mencuri data transaksi akun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement