Senin 04 Oct 2021 21:43 WIB

KBRI Beijing Suguhkan Film Kartini kepada Diplomat Asing

Film Disuguhkan dalam kegiatan One Night with Wonderful Indonesia.

Arsip foto: Dian Sastrowardoyo dan Christine Hakim, pemeran di film biopik Kartini.
Foto: Republika/Rizkyan Adiyudha
Arsip foto: Dian Sastrowardoyo dan Christine Hakim, pemeran di film biopik Kartini.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kedutaan Besar RI di Beijing mempertontonkan film karya anak bangsa berjudul Kartini, Princess of Java kepada para diplomat asing di China. Film ini dipertontonkan dalam kegiatan One Night with Wonderful Indonesia.

"Tema inklusivitas, emansipasi, edukasi, dan pemberdayaan perempuan yang kental dalam film tersebut merupakanbagian dari promosi budaya, kuliner, dan kemajuan industri kreatif Nusantara," kata Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Beijing, Dewi Avilia, Senin (4/10).

Baca Juga

Sedikitnya 40 diplomat asing yang merupakan anggota Diplomatic Network Beijing menyaksikan film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo itu. Melalui kisah kepahlawanan RA Kartini, beberapa diplomat asing merasa tertarik dengan perjuangan kaum perempuan di Indonesia zaman dahulu kala untuk mendapatkan kesetaraan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Film ini sangat menyentuh dan sangat mampu memperkaya pikiran kami," kata Maria Ivanova dari Kedutaan Besar Bulgaria di Beijing.

Pertunjukan film juga dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan KBRI Beijing Sih Elsiwi Oratmangun, yang merupakan istri Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun, bersama Constantinescu, istri Dubes Romania untuk China, sebagai tamu kehormatan pada acara tersebut. Selain pemutaran film, ada bihun goreng vegetarian, kroket daging, dan dadar gulung yang menjadi suguhan lainnya dalam acara tersebut.

Sebanyak 40 diplomat asing tersebut berasal dari Amerika Serikat,Romania, Sri Lanka, Bulgaria, Brunei Darussalam, Kanada, Turki, Uni Eropa serta UNHCR. Dua film Indonesia lainnya, Susi Susanti, Love All dan A Man Called Ahok sebelumnya diputar di ajang Festival Film Internasional Beijing (BIFF) 2021.

Diplomatic Network Beijing adalah organisasi informal yang mewadahi berbagai kegiatan kebudayaan bagi seluruh diplomat asing di Beijing dengan jumlah anggota tercatat 384 orang.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement