Rabu 29 Sep 2021 21:27 WIB

Kondisi Pandemi Terus Membaik, Cakupan Vaksinasinya Belum

Masih ada daerah di Indonesia yang masih sangat rendah cakupan vaksinasinya.

Seorang pengepul sampah menunjukkan surat vaksin usai disuntik Vaksin COVID-19 pada pelaksanaan vaksinasi untuk komunitas pemulung dan pengepul sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Rawa Kucing, Tangerang, Banten, Selasa (28/9/2021). Vaksinasi yang diselenggarakan oleh Pemkot Tangerang yang bekerjasama dengan Danone Indonesia bertujuan untuk meningkatkan herd imunity atau kekebalan kelompok bagi pemulung dan pengepul sampah.
Foto:

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro menyampaikan, cakupan vaksinasi di Indonesia per hari ini telah mencapai 89.822.987 orang yang telah menerima suntikan vaksin dosis pertama. Sedangkan pada dosis kedua vaksinasi, Satgas mencatat telah mencapai 50.412.993 orang.

"Capaian (dosis lengkap) ini sama saja dengan memvaksinasi hampir seluruh populasi Singapura dengan 10 kali putaran. Dan jangan lupa kita lakukan semuanya dalam kurun waktu 9 bulan," kata Reisa.

Reisa pun memastikan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini akan merata dan setara di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi juga diberikan kepada seluruh lansia dan penyandang disabilitas sehingga seluruh masyarakat dapat terlindungi dari penularan virus.

Pemerintah akan menyuntikkan 337 juta dosis vaksin Covid-19 sampai akhir 2021. Adapun target ini setara 80 persen penduduk Indonesia yang telah disuntik vaksin baik dosis pertama dan kedua.

Berbicara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah telah membuat peta jalan untuk menyuntikkan vaksin sampai akhir tahun ini. Menurut data yang dihimpunnya, suplai vaksinasi secara kumulatif sampai Agustus 2021 sebanyak 158,53 juta dosis.

Pada September 2021, pemerintah target menyuntikan 80,3 juta dosis vaksin atau 2,5 juta per hari. Kemudian Oktober 2021 sebanyak 54,7 juta dosis atau 2,5 juta per hari, November 2021 sebanyak 49,9 juta dosis atau 2,1 juta per hari, dan sebanyak 50,5 juta dosis vaksin pada Desember atau 1,5 juta per hari.

"Sehingga targetnya sebesar 80 persen sudah tervaksin sampai Desember atau sejumlah 337 juta vaksin," ujarnya saat webinar CIMB Niaga, Rabu (29/9).

Ke depan pihaknya optimis target vaksinasi bisa tercapai. Hal ini mengingat pemerintah sudah menyimpan vaksin Covid-19 dari berbagai produsen.

“Vaksin yang kita kuasai atau dibeli oleh pemerintah terdiri dari berbagai support, baik itu dari Sinovac, Sinopharm, sekarang sudah ada Pfizer dan juga Moderna. Game changer sekarang yang kita kejar adalah vaksinasi,” ucapnya.

 

photo
Target dua juta dosis vaksinasi per hari - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement