Rabu 22 Sep 2021 16:32 WIB

Kasus Covid-19 Melandai, Kota Tasikmalaya Masih Level 3

Secara zonasi Kota Tasikmalaya sudah masuk risiko rendah penyebaran Covid-19

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, saat diwawancara.  Berdasarkan hasil evaluasi pemerintah pusat terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Senin (20/9), Kota Tasikmalaya masih berada di Level 3. Padahal, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mengklaim, kasus Covid-19 di daerah itu sudah sangat jauh melandai.
Foto:

Menurut Uus, banyaknya warga dari daerah sekitar yang melakukan vaksinasi di Kota Tasikmalaya memang merupakan risiko daerahnya, yang notabene sebagai wilayah aglomerasi di Priangan Timur. Alhasil, banyak warga dari dari daerah sekitar yang bekerja di Kota Tasikmalaya.

Meski begitu, ia menilai, antusias warga Kota Tasikmalaya untuk melakukan vaksinasi juga sudah tinggi. "Hanya kita perlu melakukan percepatan. Kita juga berharap suplai vaksin ke dinas kesehatan tetap stabil seperti saat ini, karena vaksin dari dinkes itu akan disalurkan ke puskesmas yang menyasar langsung warga Kota Tasikmalaya," kata dia.

Penyebab terakhir Kota Tasikmalaya masih berada di Level 3 penerapan PPKM, menurut Uus, adalah tingkat keterisian kamar atau bed occupancy rate (BOR). Meski BOR sudah jauh berkurang, tapi masih ada sejumlah pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit. 

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya per 22 September, BOR di Kota Tasikmalaya berada di angka 9,21 persen. Dari total 239 unit tempat tidur yang tersedia, sebanyak 22 unit di antaranya masih digunakan. 

Uus menilai, dari total pasien Covid-19 yanh menjalani isolasi di rumah sakit, tak seluruhnya warga Kota Tasikmalaya. Dari 22 pasien, lima pasien di antaranya merupakan warga dari luar Kota Tasikmalaya. 

"Memang di kita tak hanya masyarakat Kota Tasikmalaya yang dirawat, melainkan ada warga dari kota lainnya. Di RSUD dan beberapa rumau sakit swasta, minggu-minggu ini masih ada pasien dari wilayah lain yang dirawat. Otomatis itu berdampak pada hunian rumah sakit, sehingga BOR kita tetap tinggi," kata dia.

Terakhir, lanjut Uus, alasan Kota Tasikmalaya masih berstatus Level 3 adalah mobilitas masyarakat yang tinggi. Ia menyebutkan, jumlah penduduk Kota Tasikmalaya itu sekitar 800 ribu orang. Namun mobilitas saat siang hari bisa dua kali lipat. Apalagi saat akhir pekan.

 

"Karena daerah kita itu perkotaan, jadi banyak yang datang dari luar. Itu pasti akan berdampak ke Level," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement