Sabtu 11 Sep 2021 08:15 WIB

Mantan Narapidana Serahkan Bantuan ke Lapas Tangerang

Eks napi yang sukses peduli insiden kebakaran yang menewaskan 44 orang.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas membawa kantong jenazah korban kebakaran Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang setiba di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (8/9).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas membawa kantong jenazah korban kebakaran Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang setiba di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (8/9).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Mantan warga binaan pemasyarakatan atau narapidana menyerahkan bantuan berupa sembako, obat-obatan dan pakaian ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (10/9).

"Bantuan ini merupakan ungkapan rasa terima kasih dari mantan narapidana atas pembinaan dan pelatihan yang mereka dapatkan selama menjalani pidana di lapas," kata Kepala Bidang Pembinaan Lapas Kelas I Tangerang, Johnson Manurung di Kota Tangerang, Jumat.

Sebelum ini, kata Johnson, beberapa orang warga binaan yang telah bebas juga memberikan sejumlah bantuan kepada Lapas Tangerang, usai musibah kebakaran yang menewaskan 44 orang tersebut. Mantan narapidana yang menyerahkan bantuan tersebut saat ini telah memiliki usaha dan tergolong sukses.

Sebagai bentuk syukur dan ungkapan terima kasih, mereka menyerahkan bantuan termasuk rasa kepedulian atas musibah kebakaran yang terjadi. "Memang ada beberapa mantan warga binaan pemasyarakatan yang telah memiliki usaha dan berhasil," kata Johnson.

Selama menjalani pidana di lapas, sambung dia, para mantan narapidana tersebut mendapatkan berbagai pelatihan dan motivasi sebagai bekal ketika bebas. Bahkan, ada beberapa bengkel kerja di Lapas Tangerang yang sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tangerang.

"Alhamdulillah, untuk pembinaan di Lapas Tangerang ini sudah mendapat perhatian dari pemerintah dan ada beberapa yang sudah besertifikasi," kata Johnson.

Selain kegiatan pembinaan, dia melanjutkan, Lapas Tangerang juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi lainnya, seperti kelompok mengajar dan seni dari universitas negeri di Kota Tangerang. "Kami berharap ke depannya pembinaan di Lapas Tangerang semakin maju dan mampu melahirkan warga binaan yang andal dan berpres

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement