Kamis 09 Sep 2021 17:23 WIB

Risma Pertimbangkan Bantuan untuk Keluarga Napi Terbakar

Risma berharap Mahfud MD membantu agar bantuan itu dirapatkan.

Rep: Febryan. A/ Red: Ilham Tirta
Menteri Sosial Tri Rismaharini.
Foto: ANTARA/Rony Muharrman
Menteri Sosial Tri Rismaharini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mempertimbangkan untuk memberi bantuan kepada keluarga narapidana yang menjadi korban kebakaran di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang. Risma akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan kementerian lain.

"Iya nanti kita analisa (terkait kebakaran Lapas Tangerang). Kita tidak bisa sendiri (dalam menentukan pemberian bantuan)," kata Risma di Jakarta, Kamis (9/9).

Risma mengatakan, hal serupa juga dia lakukan ketika diminta Komnas HAM memberi bantuan kepada warga terdampak konflik di Papua. "Saya pun harus koordinasikan karena saya tidak bisa sendiri. Kita takut salah kebijakan, jadi saya komunikasi dan mohon Bapak Menkopolhukam (Mahfud MD) untuk membantu agar dirapatkan, dikoordinasikan," ujar Risma.

Koordinasi antar kementerian, lanjut Risma, juga untuk memastikan jumlah keluarga dari korban kebakaran Lapas Tangerang. Sebab, dalam memberikan bantuan harus mengacu kepada data yang akurat. "Jadi seperti itu. Kita bisa langsung (berikan bantuan)," kata dia.

 

Sebelumnya, Rabu (8/9) dini hari, Lapas Kelas 1 Tangerang terbakar hebat. Akibatnya, 44 narapidana tewas, lima lainya masih menjalani perawatan karena mendapat luka bakar serius, dan 73 orang mengalami luka ringan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement