Rabu 08 Sep 2021 08:47 WIB

Strategi Prodi Manajemen Tingkatkan Standar Mutu Pendidikan

Memahami pemetaan kurikulum sangat penting bagi dosen yang memiliki keilmuan linier

Persiapan menyambut Semester Gasal 2021/2022 di lingkungan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) tengah gencar dilakukan oleh masing-masing Program Studi (prodi).
Foto: istimewa
Persiapan menyambut Semester Gasal 2021/2022 di lingkungan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) tengah gencar dilakukan oleh masing-masing Program Studi (prodi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Persiapan menyambut Semester Gasal 2021/2022 di lingkungan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) tengah gencar dilakukan oleh masing-masing Program Studi (prodi). 

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh prodi Manajemen yang baru-baru ini menggelar Rapat Kerja (raker) Unit Pengembangan Akademik (UPA), secara daring melalui Zoom Meeting, Jum’at (03/09).

Acara yang diisi  pemaparan materi dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Ani Wijayanti ini,  dihadiri oleh dosen anggota UPA Prodi Manajemen. Dr Ani menerangkan, maksud dari raker UPA yaitu untuk mengevaluasi bahan ajar beserta perangkatnya, serta penyampaian informasi seputar akademik lainnya.

“Memahami pentingnya Visi dan Misi Unit Pengembangan Akademik (UPA) untuk Program Studi Manajemen khususnya para dosen, sehingga tim UPA dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan mencapai target kerja sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan dan memberikan arahan dan motivasi terhadap Staf Prodi Manajemen agar dapat selalu maksimal dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Dr Ani dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/9). 

“Unit Pengembangan Akademik (UPA) dan Staf Akademik agar senantiasa bersinergi dalam menjalankan tugas-tugasnya seperti pembuatan Soal UTS, UAS, Media Pebelajaran, RPS, Silabus, RTM, Praktik Kerja serta perencanaan Kurikulum Prodi Manajemen. Juga membahas Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Diharapkan program ini juga masuk ke dalam kurikulum Prodi Manajemen agar bisa maksimal dalam pelaksanaanya,” tambahnya. 

Menurutnya, memahami pencapaian yang akan ditargetkan oleh Prodi Manajemen, akan membuat para dosen dapat lebih giat lagi, dalam mengemban tugas-tugasnya dengan sebaik mungkin. Memahami pemetaan kurikulum sangat penting terutama bagi dosen yang memiliki bidang keilmuan yang linier, dengan mata kuliah yang akan diajarkan. Sehingga para dosen dapat menjelaskan bahan ajar secara optimal kepada mahasiswanya, serta pentingnya pemetaan terhadap mahasiswa atas peminatan yang sesuai dengan kemampuan mahasiswa tersebut.

Dr Ani juga menyampaikan pentingnya untuk memahami persiapan dan kelengkapan bahan ajar seperti modul praktik dan video pembelajaran, sehingga bahan ajar sesuai dengan RPS, Silabus dan RTM. 

Raker diakhiri dengan menjelaskan tentang pembagian penanggung jawab mata kuliah, yang ada di Prodi Manajemen beserta tugas-tugasnya. Dr Ani menyampaikan bahwa raker ini dapat memberikan ilmu kepada dosen manajemen terkait dengan kemajuan studi manajemen.“Hasil dari raker kali ini mengenai pembekalan para dosen untuk lebih memahami Visi dan Misi pengembangan akademik Program Studi Manajemen. Terutama dalam hal administrai kelengkapan dalam mengajar, seperti RPS, Silabus, RTM, Modul dan media pembelajaran yang lainnya”, tutur Ani.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement