Rabu 08 Sep 2021 02:53 WIB

Pembukaan Dieng Angin Segar Bagi Pelaku Sektor Pariwisata

Pembukaan objek wisata Dieng juga telah dinantikan oleh masyarakat.

Tempat wisata Kawah Sikidang di kawasan dataran tinggi Dieng Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA/Anis Efizudin
Tempat wisata Kawah Sikidang di kawasan dataran tinggi Dieng Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru mengatakan pembukaan objek wisata Dieng di Banjarnegara, Jawa Tengah, menjadi angin segar bagi pelaku sektor pariwisata di wilayah setempat. Roda perekonomian bisa kembali berputar setelah pandemi menyebabkan kelesuan bagi pelaku wisata.

"Pembukaan kembali objek wisata Dieng akan menjadi kabar gembira bagi masyarakat dan pelaku usaha pariwisata di Kabupaten Banjarnegara," katanya,  Selasa (7/9).

Baca Juga

Dia mengatakan, pembukaan objek wisata Dieng juga telah dinantikan oleh masyarakat yang ingin berwisata. "Setelah penantian yang sangat panjang, akhirnya masyarakat dapat kembali menikmati panorama indah pegunungan Dieng dan objek wisata sejarah serta budayanya," katanya.

Selain itu, dia menambahkan pembukaan objek wisata itu akan dapat menggerakkan lagi roda perekonomian di sektor pariwisata yang selama ini terdampak oleh pandemi. "Pelaku usaha pariwisata juga dapat sedikit menarik napas lega setelah selama ini terdampak pandemi," katanya.

Dia juga mengapresiasi segala persiapan yang telah dilakukan pemerintah daerah setempat sebelum membuka objek wisata Dieng. "Upaya Pemkab Banjarnegara yang telah melakukan simulasi pembukaan destinasi wisata, uji coba secara terbatas dan penyiapan protokol kesehatan di Komplek Candi Arjuna dan Kawah Sikidang beberapa waktu yang lalu, perlu diapresiasi," katanya.

Menurut dia, upaya itu dapat menjadi hal penting dalam mempersiapkan protokol kesehatan, sehingga ketika objek wisata dibuka maka pengelola maupun pihak terkait lainnya sudah siap. Kendati demikian, dia mengingatkan agar Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, untuk tetap waspada dan berhati-hati mengingat pendemi belum berakhir tuntas.

"Kehati-hatian sangat diperlukan agar semua pihak benar-benar memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik dengan demikian maka akan tercipta keamanan dan kenyamanan di lokasi wisata tersebut," katanya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah menginformasikan bahwa objek wisata Dieng siap dibuka dengan protokol kesehatan yang sangat ketat mulai Jumat (10/9). "Insya Allah tanggal 10 September 2021 ini kita akan buka secara bertahap dengan protokol kesehatan yang ketat dan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto.

Dia menjelaskan, selain persyaratan protokol kesehatan, pihaknya juga mewajibkan pengunjung yang datang untuk menunjukkan sertifikat vaksin. "Pemerintah sudah menerapkan kebijakan terkait dengan pemberian vaksin sehingga selain persyaratan protokol kesehatan seperti masker dan jaga jarak juga ditambah persyaratan lain yakni pengunjung yang datang minimal sudah mendapatkan vaksin minimal dosis pertama," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement