Rabu 25 Aug 2021 18:23 WIB

Survei Indikator: Hanya Airlangga Dapat Efek Positif Baliho

Penggunaan baliho yang dilakukan tokoh politik dapat respons berbeda.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Foto: Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan media luar ruang seperti Baliho yang dilakukan tokoh politik mendapat respon yang berbeda-beda. Respons positif masyarakat terkait penggunaan media luar ruang hanya mengarah pada Airlangga. Pasalnya, sentimen berbeda justru berlaku untuk Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. 

Pada survei April, misalnya, elektabilitas Puan berada di angka 1,1 persen, namun  turun menjadi 0,4 persen. Elektabilitas Puan justru lebih tinggi sebelum memasang baliho secara massif. Sementara elektabilitas Muhaimin tidak berbeda sebelum dan sesudah memasang baliho.  

Baca Juga

Sebaliknya, elektabilitas Airlangga justru naik dari 0,2 persen menjadi 1,1 persen. “Ada dampak positif dari pemasangan baliho ke Airlangga Hartarto. Tapi, dampak baliho tidak seragam. Puan dan Muhaimin malah negatif,” ungkap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei bertajuk Evaluasi Publik Terhadap Kinerja Penanganan Pandemi, Vaksinasi, dan Peta Elektoral Terkini secara virtual, dalam keterangan prsnya, Rabu (25/8).

Burhanuddin menilai sentimen tersebut dilatari tingkat pengenalan terhadap Puan yang relatif tinggi, bahkan sebelum pemasangan baliho. Namun, Burhanuddin melanjutkan, sayangnya tingkat ketidaksukaan masyarakat terhadap putri Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri itu juga tinggi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement