Ahad 22 Aug 2021 14:03 WIB

Pemprov Jabar Apresiasi Layanan Kependudukan Sukabumi

Saat pandemi, Disdukcapil Sukabumi tetap maksimal melayani warga online atau langsung

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, layanan dokumen kependudukan di Kota Sukabumi tetap optimal di masa pandemi.
Foto:

Selanjutnya aplikasi Kami Hebat untuk pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan aplikasi Patepang Sono yang dapat digunakan dalam pengurusan surat pindah. Sebelumnya pada 2019 diluncurkan layanan Akta kelahiran melalui daring segera mudah, dan cepat atau disingkat Ananda Sehat dan Aplikasi Layanan Kemboja Sari ( Layanan Akta Kematian Jemput Bola).

''Layanan terintegrasi three in one ini berupa penerbitan tiga dokumen kependudukan sekali jadi dalam satu pengajuan layanan online,'' ujar Kardina Karsoedi. Layanan three in one ini ada dua jenis.

Pertama pada saat anak lahir, maka orang tua membuat dokumen akta kelahiran melalui aplikasi Ananda Sehat. Di mana dalam pengurusan akta kelahiran hasilnya tidak hanya akta kelahiran ada dua dokumen diberikan langsung yaitu KK baru dengan hadirnya anak dan kartu identitas anak (KIA).

Sehingga kata Kardina, dalam mengurus akta kelahiran secara online di aplikasi Ananda Sehat warga memperoleh tiga dokumen dalam waktu bersamaan. Intinya warga tidak perlu akses ke aplikasi pembuatan KK dan KIA.

''Proses pengurusan hingga selesai 1 X 24 jam kalau persyaratan semuanya terpenuhi dan jaringan tidak ada kendala,'' ungkap Kardina. Di mana warga sudah diarahkan mengakses layanan tersebut dan tidak perlu datang ke disdukcapil akan tetapi melalui aplikasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement