Kamis 12 Aug 2021 11:55 WIB

Perluas Jangkauan, Yogyakarta Siapkan Mobil Vaksin

Mobil vaksin akan menjangkau warga yang kesulitan akses fasilitas kesehatan.

Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada masyarakat. (Ilustrasi).
Foto: Republika/Abdan Syakura
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada masyarakat. (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya mempercepat vaksinasi Covid-19. Salah satunya, dengan menyiapkan mobil vaksin untuk memperluas jangkauan vaksinasi, khususnya bagi warga yang mengalami kesulitan akses.

"Harapannya sebelum 17 Agustus sudah siap," kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Kamis (12/8).

Menurut Haryadi, mobil vaksin tersebut akan digunakan menjangkau warga yang selama ini kesulitan akses mendatangi fasilitas kesehatan atau tempat-tempat layanan vaksinasi. Misalnya, penyandang disabilitas atau warga lanjut usia yang mengalami hambatan datang ke fasilitas kesehatan. "Nanti kami yang akan datang ke mereka," kata dia.

Mobil vaksin yang nantinya dioperasionalkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta akan melengkapi fasilitas yang sama, yang saat ini sudah dimiliki dan dioperasionalkan oleh Polresta Kota Yogyakarta. "Saya berharap, TNI juga memiliki mobil vaksin, sehingga jangkauan vaksinasi di Kota Yogyakarta akan semakin luas dan vaksinasi bisa dilakukan lebih cepat," kata dia.

Untuk sementara ini, Pemerintah Kota Yogyakarta baru memiliki satu unit mobil vaksin. Mobil tersebut merupakan hasil modifikasi dari ambulans. Ia berharap mobil vaksin tersebut dapat membawa sekitar 1.000 dosis vaksin.

Baca juga : Polda Metro Jaya akan Lakukan Vaksinasi Door to Door

"Jangan dibayangkan 1.000 dosis tersebut membutuhkan tempat yang luas. Saya kira, jika mobil vaksin ini bisa menjangkau 1.000 orang per hari, sudah cukup baik," kata dia.

Haryadi memastikan, masyarakat yang mendapat layanan vaksinasi Covid-19 dari mobil vaksin tersebut datanya akan tercatat dengan baik yang terhubung dengan data tunggal dari aplikasi pemerintah pusat. "Yang pasti, yang menerima vaksin adalah masyarakat yang memenuhi syarat. Sebelum divaksin akan dilakukan skrining kesehatan terlebih dulu, dan yang pasti datanya akan tercatat dengan baik," katanya.

Meskipun menyiapkan layanan mobil vaksin untuk jemput bola ke masyarakat, Haryadi berharap masyarakat juga aktif mendaftar vaksinasi. Layanan vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta sudah tersebar di banyak lokasi. Layanan vaksinasi reguler dilayani di 18 puskesmas, 13 rumah sakit, dan dua klinik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement