Selasa 10 Aug 2021 19:23 WIB

Tahun Baru Islam Momentum Bangsa Indonesia Bebas Korupsi

Korupsi dan perilaku koruptif adalah pengkhianatan terhadap nilai-nilai agama.

Tahun Baru Islam 2021, momentum membuat bangsa Indonesia bebas perilaku koruptif.
Foto:

Oleh : Ketua KPK, Firli Bahuri

Sekali lagi kami ingatkan, dampak buruk korupsi di antaranya kualitas pelayanan publik menjadi buruk, kemiskinan sulit dihilangkan, kualitas sumber daya manusia akan menurun. Hal lain yang perlu kita pahami bahwa korupsi bukan sekedar merugikan keuangan dan ekonomi semata, korupsi dan perilaku koruptif adalah kejahatan terhadap kemanusiaan (corruption is a crime againts humanity) yang sifatnya sangat merusak, menggerogoti hingga meluluh lantakkan setiap tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

Sudah banyak contoh negara-negara yang gagal dalam menjalankan kewajibannya, gagal mewujudkan tujuan bernegara setelah korupsi menjadi laten dan berurat akar di negara tersebut. Dengan meneladani kisah hijrah Rasulullah SAW khususnya dalam menegakkan amar makruf nahi mungkar, 'mengajak dan menjalankan kabajikan serta menjauhi setiap larang-Nya' ditambah tiga strategi utama pemberantasan korupsi KPK yaitu pendekatan pendidikan, pencegahan dan penindakan. Insya Allah menjadi bekal terbaik bagi bangsa ini untuk hijrah, lepas dan terbebas dari laten korupsi dan perilaku koruptif yang telah lama menggurita di bumi pertiwi. 

Terakhir izinkan kami menggurat beberapa bait puisi untuk menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1943 Hijriyah.

Bulan sabit, terlihat indah dalam kelabunya malam

Bintang di langit, teduhku pandang meski dari kejauhan

Pandemi Covid, bukan penghalang menjalankan nilai-nilai luhur dan esensi 1 Muharram

Agar bangsa ini bangkit, hijrah menuju masa depan gemilang, aman damai sejahtera sesuai harapan

Selamat merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H, dengan semangat antikorupsi mari bersama kita hijrah atau move on dari hal negatif ke hal positif, agar tujuan berbangsa dan bernegara di republik ini dapat terwujud, demi kemakmuran, kesejahteraan rakyat, dan seluruh tumpah darah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, mulai Miangas hingga Pulau Rote dan segenap anak bangsa dimanapun berada termasuk yang sedang di perantauan (luar negeri).

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabatokatu

Jakarta, 10 Agustus 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement