Ahad 11 Jul 2021 00:02 WIB

Survei: Mayoritas Warga DKI yang Pernah Covid-19 Perempuan

Separuh warga DKI diperkirakan pernah kena Covid-19.

Tes serologi (Ilustrasi). Survei terbaru mengungkap, prevalensi penduduk yang pernah terinfeksi adalah sebesar 44,5 persen dengan estimasi warga yang pernah terinfeksi adalah 4.717.000.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Tes serologi (Ilustrasi). Survei terbaru mengungkap, prevalensi penduduk yang pernah terinfeksi adalah sebesar 44,5 persen dengan estimasi warga yang pernah terinfeksi adalah 4.717.000.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei terbaru mengungkap bahwa hampir separuh penduduk Jakarta pernah terinfeksi Covid-19. Dari seluruh penyintas Covid-19 tersebut, mayoritas berjenis kelamin perempuan.

Kesimpulan itu didapat dari survei yang dilakukan antara Fakultas Kedokteran Masyarakat Universitas Indonesia, Lembaga Eijkman, CDC Indonesia, dan Pemprov DKI Jakarta. Pakar epidemiologi dari Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono  mengungkapkan bahwa prevalensi penduduk yang pernah terinfeksi adalah sebesar 44,5 persen dengan estimasi warga yang pernah terinfeksi adalah 4.717.000 dari total penduduk Jakarta sebanyak 10.600.000 orang.

Baca Juga

"Sebanyak 47,9 persennya adalah perempuan," kata Pandu dalam Konferensi Pers Diseminasi Hasil Survei Serologi Covid-19 yang digelar secara virtual, Sabtu.

Menurut Pandu, dari hasil survei tersebut terlihat bahwa secara merata pada kelompok usia terbanyak pada usia 30 hingga 49 tahun. Infeksi pada kelompok perempuan lebih tinggi (47,9 persen) dan kelompok yang belum kawin lebih rendah risiko terinfeksi (39,8 pesen).

Lebih lanjut, Pandu menjabarkan berdasarkan wilayah di enam kabupaten dan kota yang ada di Jakarta, yang tertinggi adalah di wilayah Jakarta Pusat (53,7 persen). Kasus yang terendah ada di Pulau Seribu (39,3 persen).

"Ini menggambarkan mobilitas penduduk yang cukup tinggi di daerah wilayah Jakarta Pusat, daerah-daerah ada perkantoran, permukiman dan sebagainya," ujar dia.

Berdasarkan hasil survei, menurut Pandu, penduduk di wilayah padat juga tercatat lebih rentan terinfeksi Covid-19. Sekitar 48,4 persen tercatat pernah mengalami Covid-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement