Jumat 09 Jul 2021 02:49 WIB

Masyarakat Banyak yang Tidak Melapor Saat Terpapar Covid-19

Banyak orang terkonfirmasi Covid-19 tidak melapor

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Covid-19
Covid-19

CICALENGKA, AYOBANDUNG.COM — Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kasus aktif Covid-19 cukup tinggi.

Camat Cicalengka Entang mengatakan, beberapa waktu lalu, kasus aktif di Cicalengka mencapai 200 orang. Jumlah tersebut merupakan angka minimal yang diterima dalam laporan, mengingat tidak sedikit orang yang enggan melapor.

"Ini menjadi salah satu masalah di lapangan, banyak orang yang tidak melapor ketika terkonfirmasi Covid," ujar Entang, pada Kamis, 8 Juli 2021.

Data yang dimiliki pihak kecamatan, berasal dari klinik, puskesmas, atau fasilitas medis yang melakukan pemeriksaan tes usap kepada masyarakat Cicalengka.

Namun, tidak sedikit warga yang bekerja di luar Cicalengka juga terkonfirmasi positif covid-19. Mereka mendapatkan hasil pemeriksaan di tempatnya bekerja dan melakukan isolasi di rumah masing-masing tanpa melakukan laporan terlebih dahulu.

"Kemungkinan banyak yang diperiksa di luar cicalengka, hasilnya positif tapi tidak melapor kepada kami," ungkapnya.

Padahal, penanganan Covid-19 akan dikembalikan ke daerah asal domisili seseorang. Dengan banyaknya orang yang terkonfirmasi Covid-19 namun tidak melapor, pihak Gugus Tugas Covid 19 Cicalengka tidak bisa melakukan pengawasan secara maksimal.

"Kami berharap siapa pun warga yang terkonfirmasi Covid agar melapor. Supaya bisa ditangani," ujar Entang. [*]

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement