Ahad 04 Jul 2021 00:05 WIB

Voxpol: Elektabilitas Anies Tertinggi di Level Kepala Daerah

Untuk klaster ketum Parpol, Prabowo dinilai yang tertinggi.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Teguh Firmansyah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Foto: Dok Laznas BMM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Voxpol Center Research and Consulting merilis hasil survei terbaru terkait capres 2024. Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tertinggi di klaster kepala daerah dengan 29,1 persen.

"Kalau dari kalster kepala daerah itu Anies Baswedan 29,1 persen," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, Sabtu (3/7).

Baca Juga

Kemudian di urutan kedua ada Gubernur Jawa Tengah dengan Ganjar Prabowo 28,2 persen, dan Gubernur Jawa Barat, RIdwan Kamil dengan angka 14,4 persen. Sedangkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di peringkat dengan 3,3 persen.

"Selebihnya di bawah 2 persen dengan menyisakan undecided votersnya 21,0 persen," ujarnya.

Tidak hanya klaster kepala daerah, Voxpol dalam surveinya terbarunya juga membuat survei elektabilitas pada klaster ketua umum partai politik. Hasilnya diketahui elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo teratas dengan 33,7 persen.

"Agus Harimurti Yudhoyono 12,5 persen, Megawati Soekarnoputri 8,9 persen, Airlangga Hartarto 4,7 persen, Ahmad Syaikhu 4,4 persen, Muhaimin Iskandar 2,4 persen," tuturnya.  

Untuk diketahui pengambilan data survei dilakukan 22 Juni-1 Juli 2021. Survei dilakukan dengan metode wawancara melalui telepon dengan metode mutistage random sampling.

Jumlah responden dalam survei tersebut diikuti sebanyak 1.200 responden di 34 provinsi, dan tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error +/- 2,83 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement