Kamis 01 Jul 2021 12:20 WIB

Kasus Harian Covid-19 di Sulsel Melonjak Sampai 212 Orang

Lonjakan kasus harian Sulsel memperlihatkan tren angka reproduksi efektif 1,34.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Husny Thamrin.
Foto: Dok Pemprov Sulsel
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Husny Thamrin.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Satuan Tugas (Satgas) merilis kasus harian Covid-19 di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melonjak drastis mencapai 212 kasus pada 30 Juni 2021. Berdasarkan data Satgas C-19 Sulsel, jumlah kasus yang terkonfirmasi positif berasal dari 1.883 spesimen yang diperiksa.

Sementara sehari sebelumnya, angka kasus konfirmasi positif berada di angka 135 orang dengan spesimen yang diperiksa 1.433 orang. Sedangkan sepekan terakhir, penambahan pasien Covid-19 juga hanya di angka puluhan hingga seratusan orang.

"Pasien yang terkonfirmasi positif ini masih lebih banyak tanpa gejala, jadi mereka isolasi mandiri di rumah," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Husny Thamrin di Kota Makassar, Kamis (1/7).

Tingginya kasus terkonfirmasi positif di Sulsel hingga saat ini belum menuai respon terhadap rencana pemberlakuan kembali Duta Wisata Covid-19 untuk memisahkan pasien tanpa gejala dan bergejala dengan penempatan di berbagai hotel.

"Itu kami belum tahu, sejauh ini Plt Gubernur belum mengeluarkan kebijakan soal ini, namun tentu kita upayakan secara maksimal untuk penanggulangan penyebaran Covid-19," ujar Husny.

Lonjakan kasus harian Sulsel ini sekaligus memperlihatkan tren angka reproduksi efektif (Rt) Sulsel yang terus meningkat yakni 1,34. Termasuk pasien yang meninggal akibat Covid-19 sebanyak delapan orang di hari yang sama. "Kita juga ada pasien sembuh sebanyak 80 orang," ujar Husny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement