Senin 28 Jun 2021 16:24 WIB

Istana Klarifikasi Hoaks Jokowi Blusukan ke RS Darurat Covid

Video direkam saat Jokowi mengunjungi Pulau Adonara di Kabupaten Flores Timur, NTT.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto
Kepala Biro Pers Istana - Bey Machmudin
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Kepala Biro Pers Istana - Bey Machmudin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pihak istana kepresidenan mengklarifikasi viralnya video yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sebuah tenda berisi banyak pasien yang mengenakan masker. Dalam narasi yang tersebar di media sosial, disebutkan bahwa presiden sedang blusukan ke tenda RS Darurat Covid-19 yang penuh sesak dengan pasien. 

Informasi tersebut dipastikan hoaks oleh istana. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretriat Presiden Bey Machmudin menyebutkan, video yang beredar tersebut sebenarnya direkam saat Presiden Jokowi mengunjungi Pulau Adonara di Kabupaten Flores Timur, NTT, pada 9 April 2021 lalu. 

"Ketika itu presiden meninjau lokasi yang terdampak bencana dan juga lokasi pengungsi di Desa Nele Lamadike, Kecamatan Ile Boleng," ujar Bey, Senin (28/6). 

Dia memastikan, bahwa Presiden Jokowi tidak melakukan blusukan ke tenda darurat untuk perawatan pasien Covid-19 seperti yang tersiar di media sosial. "Jadi bukan video presiden blusukan ke RS darurat pasien Covid-19," kata Bey. 

Kunjungan kerja terakhir yang dilakukan Presiden Jokowi adalah tinjauan vaksinasi di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri di Jakarta pada Sabtu (26/6) lalu. Di hari yang sama, Presiden juga meninjau vaksinasi di GBK didampingi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement