Ahad 27 Jun 2021 20:20 WIB

8 Nakes Terpapar Covid-19, Puskesmas Lampung Ditutup

Delapan tenaga kesehatan Puskesmas Kampung Sawah, Lampung, jalani isolasi mandiri.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nora Azizah
Delapan tenaga kesehatan Puskesmas Kampung Sawah, Lampung, jalani isolasi mandiri.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Delapan tenaga kesehatan Puskesmas Kampung Sawah, Lampung, jalani isolasi mandiri.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Puskesmas di Kelurahan Kampung Sawah, Kecamatan Tanjungkarang Timur, Kota Bandar Lampung, tutup selama sepekan. Delapan tenaga kesehatan (nakes) puskesmas tersebut terinfeksi positif Covid-19. Belum diketahui asal muasal nakes tersebut tertular virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandar Lampung Edwin Rusli membenarkan ada penambahan enam orang lagi dari sebelumnya dua nakes yang terinfeksi positif Covid-19. Berdasarkan hasil swab yang sudah keluar, kata dia, hasilnya enam nakes terkonfirmasi Covid-19, sehingga total delapan orang nakes puskesmas positif Covid-19.

Baca Juga

"Semua nakes menjalani isolasi mandiri di rumah," kata Edwin Rusli dalam keterangan persnya di Bandar Lampung, Ahad (27/6).

Ia mengatakan, pemeriksaan swab massal kepada nakes Puskesmas Kampung Sawah sudah dilakukan pada Jumat (25/6), dan hasilnya sudah diketahui Ahad (27/6), dengan keterangan enam orang nakes terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelumnya, dua orang nakes diketahui positif Covid-19, sehingga puskesmas tempatnya bekerja ditutup total.

Edwin menyatakan, Puskesmas Kampung Sawah untuk sementara tidak melayani masyarakat selama sepekan ke depan, setelah dua dan ditambah enam orang nakes lagi terinfeksi Covid-19. Pelayanan kesehatan dan vaksinasi Covid-19 tetap berjalan namun dilakukan di puskesmas terdekat. Sedangkan area puskesmas saat ini sedangkan dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan.

Menurut dia, kepada delapan nakes yang terkonfirmasi Covid-19 tetap menjalani isolasi di rumah, dan tidak diperbolehkan keluar rumah sebelum ada hasil yang menunjukkan negatif Covid-19. Selain itu, kepada nakes yang menjalani isolasi mandiri, bila ada gejala yang berbeda segera melakukan perawatan di rumah sakit.

Kota Bandar Lampung saat ini masih terbanyak jumlah kasus positif Covid-19 dibandingkan 14 kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Kota berjuluk Tapis Berseri tersebut, masih berstatus zona oranye (risiko kenaikan kasus sedang), setelah sebelumnya pernah dua kali berstatus zona merah.

Data Bappeda Provinsi Lampung, Ahad (27/6), jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Bandar Lampung sebanyak 6.259 orang, pasien selesai isolasi 5.732 orang, sedangkan pasien positif yang meninggal dunia 365 orang. Sementara pasien suspek 121 orang, dan proble 2 orang. Angka kesembuhan pasien positif di Kota Bandar Lampung sebesar 91,58 persen, sedangkan akan kematian pasien positif atau case fatality rate sebesar 5,83 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement