Rabu 23 Jun 2021 17:52 WIB

Ivermectin yang tak Boleh Asal Dikonsumsi

BPOM tegaskan masyarakat hanya boleh konsumsi Ivermectin dengan resep dokter.

 Obat Ivermectin untuk manusia tampak didistribusikan di Kota Quezon, Manila, Filipina. Ivermectin sedang menjadi pembahasan publik karena disebut efektif obati Covid-19. BPOM hingga kini masih melakukan uji klinik untuk Ivermectin.
Foto:

Testimoni mengenai penggunaan Ivermectin datang dari anggota DPR Komisi VI dari Fraksi Golkar, Mukhtarudin. Ia menceritakan pengalamannya dalam menggunakan Ivermectin saat terinfeksi virus covid-19.  Mukhtarudin menyebut Ivermectin bagus dalam terapi penyembuhan covid-19.

Mukhtarudin mengatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada 10 April 2021 dengan gejala ringan, tanpa batuk, tanpa sesak napas, dan tanpa demam. Kemudian, dia melakukan isolasi mandiri di RS Abdi Waluyo pada 11 April 2021.

Selama 13 hari di RS Abdi Waluyo, Mukhtarudin, mengaku sempat mengalami kehilangan indera penciuman. Ia juga mendapat berbagai macam obat dari mulai multivitamin, antibiotik hingga Ivermectin.

"Saat menerima obat Ivermectin, saya searching dulu obat apa ini? Ternyata obat cacing dan saya konsumsi saja. Tentu dengan pengawasan dokter. Karena saya berpikiran mungkin ada bakteri atau virus yang ampuh dengan obat ini," ucap Mukhtarudin.

Mukhtarudin mengaku mengonsumsi obat tersebut sekitar lima hari saat dirawat di RS Abdi Waluyo. Mengenai pro kontra terkait Ivermectin, Mukhtarudin meminta masyarakat menghormati keputusan BPOM.

Selain itu, berdasarkan pengalamannya sebagai orang yang pernah terkonfirmasi Covid, Ivermectin dinilai ampuh untuk pasien Covid-19. "Pertama, kita menghormati keputusan BPOM sebagai lembaga yang relevan bahwa ini boleh digunakan untuk pengobatan covid. Yang kedua, tentu yang namanya dokter sudah memberikan resep itu pasti ada manfaat, terhadap yang saya derita dan saya mengonsumsi Ivermecetin dan hampir OTG dan dikasih Ivermectin itu dan sembuh," ungkap Mukhtarudin.

Mukhtarudin menegaskan penggunaan Ivermectin wajib dengan resep dokter. Dalam penggunaannya, Mukhtarudin meminta masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 bisa mengonsumsi Ivermectin sebagai salah satu obat agar sembuh dari Covid-19. Namun hal tersebut harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter dan tidak dapat dikonsumsi bebas.

Selain dirinya, sejumlah teman-teman Mukhtarudin yang terkonfirmasi positif Covid-19, yang juga telah bertanya kepada dokter menyebut Ivermectin cukup efektif. Dengan tegas Mukhtarudin mengakui Ivermectin bagus untuk dikonsumsi pada pasien Covid-19 sesuai anjuran dokter.   

"Ivermectin bagus kok, bagus-bagus," kata Mukhtarudin.

Ivermectin disebut sebagai salah satu obat yang cukup efektif membantu pasien sembuh dari ganasnya virus corona atau Covid-19. Namun hal tersebut diperdebatkan sebagai alasan Ivermectin hakikatnya adalah obat cacing. Sejumlah pakar pun ikut memberikan pendapat terkait penggunaannya untuk pasien covid-19.

"Ivermectin telah menunjukkan kemanjuran sebagai antivirus spektrum luas secara in vitro, dan dalam penelitian kami, tampaknya juga menunjukkan beberapa tingkat keefektifan pengobatan COVID-19 bagi manusia," kata dr. Natalia Sisca Wijaya dan dr. Sidharta Salim, Sp.PD RS dalam tulisan ilmiah berjudul Ivermectin as a Potential Therapeutic Agent for Covid-19, pada 2020.

photo
Daftar obat yang diberikan untuk pasien Covid-19. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement