Rabu 16 Jun 2021 21:59 WIB

Keliling Cari RS Kosong, Pasien Covid Meninggal di Jalan

Pasien Covid asal Lohbener meninggal dunia setelah gagal mendapat perawatan di RS.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Bayu Hermawan
Pasien Covid-19 (ilustrasi)
Foto:

Pihak keluarga pasien kemudian membawa pasien itu berkeliling mulai dari RS Mitra Plumbon Indramayu, RS Sentra Medika, RS Bhayangkara, RSUD MIS Krangkeng dan RSUD Indramayu. Namun, ruang isolasi di RS yang mereka datangi dalam kondisi penuh. Pasien akhirnya meninggal dunia di jalan depan UGD RSUD Indramayu. 

Pihak keluarga pasien melaporkan kabar meninggalnya pasien kepada Puskesmas Lohbener. Mereka pun berinisiatif membawa pulang jenazah ke rumah.

Mendapat laporan itu, pihak Puskesmas Lohbener segera berkoordinasi dengan tim pemulasaraan jenazah Covid-19 Kabupaten Indramayu. Namun, tim pemulasaraan jenazah Covid-19 saat itu kewalahan karena banyaknya pasien yang meninggal.

"Ada tiga pasien yang meninggal, mereka kewalahan," kata Uswatun.

Uswatun mengatakan, pihaknya kemudian meminta saran dari Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu. Satgas lantas mengarahkan agar pemulasaraan jenazah dilakukan oleh Satgas Covid-19 di tingkat desa.

Pihak puskesmas pun langsung memberikan edukasi mengenai cara pemulasaraan jenazah Covid-19. Mereka juga memfasilitasi alat pelindung diri (APD) lengkap. Pemulasaraan terhadap jenazah pasien akhirnya bisa terlaksana.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement