Selasa 15 Jun 2021 17:22 WIB

5 Provinsi di Pulau Jawa Alami Lonjakan Covid Tertinggi

Lima provinsi yang mengalami lonjakan kasus Covid tertinggi ada di Pulau Jawa.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Bayu Hermawan
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto:

Sementara itu, bagi provinsi yang telah mengalami penurunan kasus, Wiku meminta agar dapat mempertahankan dan meningkatkan penanganan. Jika provinsi-provinsi dengan penurunan kasus tersebut dapat mempertahankan angka penurunannya, maka dapat memberikan bantuan penanganan kasus ke wilayah sekitar yang masih mengalami kenaikan kasus.

Terutama terkait dengan fasilitas pelayanan kesehatan untuk pasien Covid-19 agar penanganannya dapat dilakukan dengan efektif.   

Ia mencontohkan, Provinsi Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah tercatat masih mengalami kenaikan kasus. Sedangkan di Sulawesi Utara dan Barat sudah mengalami penurunan kasus.

"Apabila dibutuhkan dan memungkinkan, maka Sulawesi Utara dan Barat dapat membantu penanganan Covid-19 di Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Tengah. Begitupun dengan provinsi-provinsi di Pulau Sumatera dan Kalimantan," ujarnya.

Wiku menyampaikan, sikap gotong royong ini perlu diterapkan dalam penanganan Covid-19 antardaerah. Sehingga daerah yang tengah mengalami kenaikan kasus pun dapat melakukan pengendalian secara maksimal.

"Penting untuk diketahui, apapun varian Covid-19 yang ada di masyarakat, apabila kita semua patuh dan disiplin terhadap prokes, dan juga mematuhi seluruh kebijakan pemerintah, maka dapat meminimalisasi tingkat penularan yang terjadi di masyarakat," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement