Rabu 09 Jun 2021 16:01 WIB

Mengejar Target Sejuta Vaksinasi per Hari

Pemerintah disarankan terus kejar pemenuhan vaksinasi kelompok rentan Covid-19.

Sejumlah warga mengikuti vaksinasi massal di Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (9/6/2021). Sebanyak 10.000 masyarakat umum, lansia, pralansia dan pelayan publik mengikuti vaksinasi massal sebagai upaya penanggulangan penyebaran COVID-19.
Foto:

Presiden Joko Widodo menargetkan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 dapat mencapai 700 ribu suntikan per harinya pada Juni ini. Sedangkan pada Juli nanti, ia menargetkan satu juta suntikan vaksinasi dapat diberikan per harinya kepada masyarakat.

“Kita berharap pada bulan ini bulan Juni target untuk vaksinasi per hari 700 ribu itu betul-betul bisa tercapai. Sehingga di bulan Juli kita sudah masuk pada target vaksinasi per hari satu juta,” ujar Jokowi saat konferensi pers usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di RSUI Depok, Jawa Barat, Rabu (9/6).

Vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan di RSUI Pondok Cina, Depok ini diberikan kepada sekitar 1.500 tenaga kesehatan, dosen dan tenaga pendidik, guru, lansia, pemadam kebakaran, pelayan publik, dan penyedia layanan transportasi. Presiden juga meninjau pelaksanaan vaksinasi secara drivethru untuk para pengemudi ojek baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Presiden berharap, percepatan vaksinasi Covid-19 ini tidak hanya dilakukan di Kota Depok saja, namun juga di berbagai provinsi lainnya sehingga kekebalan komunitas dapat segera tercapai. “Tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Menkes bahwa hari ini juga dilaksanakan di Bandung, kemudian juga di Tangerang yang jumlahnya massal, banyak,” tambah dia.

Usai meninjau vaksinasi di RSUI Depok, Presiden rencananya juga akan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Tangerang. Vaksinasi Covid-19 ini akan diberikan kepada lansia, pralansia, dan tenaga pendidik. Vaksinasi massal di sport center Kelapa Dua Tangerang, Kabupaten Tangerang, Banten, diikuti oleh sekitar 10 ribu masyarakat umum yakni para lansia, pralansia, dan tenaga pendidik.

Jokowi menilai, pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Tangerang ini telah berjalan dengan baik. Ia pun berharap agar percepatan pelaksanaan program vaksinasi massal ini juga dilakukan oleh daerah-daerah lainnya.

“Kita ingin proses vaksinasi seperti yang dilakukan di Kabupaten Tangerang ini dalam jumlah yang banyak ini dilakukan juga oleh provinsi lain, oleh kabupaten kota yang lain,” ujar Jokowi usai meninjau vaksinasi.

Presiden pun berharap, program vaksinasi nasional ini dapat memberikan perlindungan bagi seluruh masyarakat terhadap penyebaran Covid-19. “Kita harapkan ini akan melindungi kita semuanya dari penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Indonesia saat ini melalui Program Vaksinasi Nasional untuk Indonesia Pulih menargetkan vaksinasi satu juta dosis per hari hingga terwujudnya herd immunity atau kekebalan kelompok. Pemerintah optimistis 181,5 juta jiwa target vaksinasi terpenuhi dengan ketersediaan vaksin yang cukup.

Data dari Kementerian Kesehatan per 8 Juni 2021 menunjukkan sebanyak 18.260.482 orang sudah mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19 dan 11.356.025 orang menerima dosis kedua, dengan target sasaran vaksinasi sebanyak 181.554.465 orang.

photo
Masih Banyak Warga tak Bersedia Divaksin - (Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement