Selasa 08 Jun 2021 10:33 WIB

Hari Ini, Disdik DKI Hentikan PPDB Hingga Pukul 12.00 WIB

Penghentian sementara untuk mengoptimalisasi kinerja server PPDB 2021.

Rep: Flori Sidebang / Red: Ratna Puspita
Laman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online DKI Jakarta.
Foto: PPDB DKI Jakarta
Laman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Humas Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Taga Radja mengatakan, pihaknya tengah menghentikan sementara pengajuan akun dalam sistem PPDB 2021 hari ini, Selasa (8/6) hingga pukul 12.00 WIB. Hal ini, dia mengatakan, bertujuan untuk mengoptimalisasi kinerja server yang sempat mengalami perlambatan saat diakses para pendaftar.

"Sehubungan dengan optimalisasi sistem PPDB online, pengajuan akun akan dihentikan sementara mulai hari Selasa dari pukul 01.30-12.00 WIB," kata Taga dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/6).

Baca Juga

Dia menuturkan, setelah proses tersebut selesai, para pendaftar dapat kembali mengakses website PPDB DKI Jakarta untuk melakukan ajuan akun pendaftaran. "Setelah proses tersebut selesai dapat melakukan pengajuan akun kembali," ujarnya. 

Selain itu, dia menambahkan, Disdik DKI pun memperpanjang waktu pendaftaran untuk jalur prestasi jenjang SMP,  SMA dan SMK. Awalnya, jadwal pendaftaran itu berlangsung pada Senin (7/6) pukul 08.00 WIB sampai Rabu (9/6) pukul 14.00 WIB.

"Waktu Pendaftaran akan diperpanjang sampai dengan hari jumat tanggal 11 Juni 2021 pukul 14.00 WIB," ungkap dia. 

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengakui terjadinya kendala orang tua murid dalam mengakses website pendaftaran peserta didik baru (PPDB) secara online. Hal ini disebabkan lantaran tingginya traffic atau pendaftar yang membuka website tersebut.

"Kalau hari ini sistemnya terkesan lambat, memang itu kejadian karena trafficnya cukup tinggi. Namun demikian, saya pastikan bahwa sistem hari ini dari pagi itu tetap jalan," kata Ketua Panitia PPDB Disdik DKI Jakarta Slamet dalam diskusi virtual, Senin (7/6).

Namun, Slamet membantah jika website PPDB DKI Jakarta dikatakan down. Menurut dia, server hanya mengalami perlambatan. Oleh karena itu, sambung dia, pihaknya pun masih terus memantau masalah apa saja yang terjadi saat pelaksanaan PPDB online tersebut.

"Jadi sekali lagi, sistem hari ini tidak down, tapi mengalami perlambatan. Kami tim sedang berupaya untuk mengatasi perlambatan-perlambatan ini," jelas dia.

Selain itu, Slamet menambahkan, Disdik DKI  telah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi perlambatan akses website PPDB tersebut. "Kami sudah siapkan baik peningkatan bandwithnya maupun penambahan-penambahan seperti server dan lain-lain," ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement