Rabu 26 May 2021 13:31 WIB

Perpustakaan UBSI Purwokerto Manfaatkan LARON 

LARON dimanfaatkan para mahasiswa UBSI Purwokerto untuk susun tugas akhir

Tak kehabisan ide dalam meningkatkan jumlah pengunjung, Perspustakaan Universitas BSI Kampus Purwokerto manfaatkan Layanan Referensi Online Perpustakaan (LARON) selama pandemi.
Foto: BSI
Tak kehabisan ide dalam meningkatkan jumlah pengunjung, Perspustakaan Universitas BSI Kampus Purwokerto manfaatkan Layanan Referensi Online Perpustakaan (LARON) selama pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO --  Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia hingga saat ini belum juga mereda. Berbagai upaya pun dilakukan seperti pembatasan sosial yang masih harus diterapkan sehingga berdampak pada  sektor pariwisata hingga pelayanan. Termasuk pelayanan perpustakaan pada Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Purwokerto. 

Tak kehabisan ide dalam meningkatkan jumlah pengunjung, Perspustakaan Universitas BSI Kampus Purwokerto manfaatkan Layanan Referensi Online Perpustakaan (LARON) selama pandemi. Ady Nugroho selaku pengurus perpustakaan mengungkapkan bahwa perpustakaan berperan penting untuk menyediakan segala informasi untuk pemustaka dalam hal ini para mahasiswa. 

“Pandemi menghambat seluruh pelayanan pada perpustakaan sehingga segala bentuk aktivitas di perpustakaan masih dibatasi diantaranya kunjungan mahasiswa di perpustakaan. Sehingga segala bentuk layanan seluruhnya dialihkan ke sistem online. Saat ini perpustakaan universitas BSI memiliki e-library (elibrary.bsi.ac.id) dan repository (repository.bsi.ac.id) dapat diakses seluruh civitas akademi baik mahasiswa maupun dosen,” jelas Ady dalam rilis yang diterima, Jumat (21/5). 

Tidak berhenti sampai disini Perpustakaan Universitas BSI Kampus Purwokerto memiliki layanan untuk para mahasiswa khusus saat pandemi yaitu dengan memberikan stimulus terhadap para mahasiswa/i agar terus aktif dalam memperoleh sumber informasi di perpustakaan dengan menerapkan layanan berbasis online.

“Layanan ini sebenarnya sudah berjalan sejak awal pandemi pada bulan maret 2020, hal ini dilakukan dengan upaya agar tugas dari pustakawan selama pandemi dalam pelayanan sumber informasi tetap berjalan dengan baik. Layanan tersebut diberi nama LARON. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan rujukan-rujukan referensi mulai dari artikel, jurnal maupun tugas akhir,” ungkap Ady. 

LARON umumnya dimanfaatkan oleh para mahasiswa semester akhir yang membutuhkan informasi terkait rujukan dalam menyusun tugas akhir. Layanan LARON ini dilayangkan melalui akun sosial media perpustakaan berupa Instagram @perpusubsi_purwokerto  dengan memberikan link pada bio yang akan terhubung pada 3 laman layanan yaitu : LARON, E-Library, dan Repository. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement