Selasa 25 May 2021 00:50 WIB

Volume Sampah Depok Capai 1.200 Ton Usai Lebaran

Sebelumnya, jumlah sampah Depok mencapai 900 sampai 1000 ton per hari.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Nora Azizah
Usai lebaran Idul Fitri 1442 H, terjadi peningkatan volume sampah di Kota Depok.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Usai lebaran Idul Fitri 1442 H, terjadi peningkatan volume sampah di Kota Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Usai lebaran Idul Fitri 1442 H, terjadi peningkatan volume sampah di Kota Depok. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mencatat sebanyak 1.200 ton sampah per hari diangkut petugas kebersihan di hari pertama hingga hari kelima lebaran.

"Terjadi peningkatan volume sampah saat lebaran hingga hari kelima usai lebaran. Rata-rata 1.200 ton perhari sampah dihasilkan," ujar Kepala Bidang Pengangkutan Sampah DLHK Kota Depok, Iyay Gumelar di Balai Kota Depok, Senin (24/5).

Baca Juga

Menurut Iyay, sampah yang diangkut dari wilayah Kota Depok yang sebelumnya pada hari normal sekitar 900 ton hingga 1.000 ton per hari. "Sampah yang diangkut dibuang ke TPA Cipayung sebagian besar sampah rumah tangga. Mungkin, peningkatan volume sampah karena ada larangan mudik. Jadi banyak yang nggak mudik," jelasnya.

Ia mengungkapkan, ada ratusan petugas kebersihan dengan 130 armada di terjunkan saat mengangkut sampah-sampah usai lebaran. "Kami menerjunkan sebanyak 240 petugas kebersihan (pesapon) dan 130 armada mobil sampah untuk mengangkut sampah-sampah saat lebaran dan usai lebaran ke TPA Cipayung," terang Iyay.

 

Kepala UPT TPA Cipayung, Ardan Kurniawan mengatakan, sampah yang ditampung di TPA Cipayung mengalami peningkatan pada saat libur hari raya Idul Fitri. Sampah yang diterima UPT TPA Cipayung merupakan sampah rumah tangga.

"Didominasi sampah rumah tangga," ucapnya.

Diungkapkan Ardan, saat ini TPA Cipayung sudah overload atau mencapai 1.500.000 meter kubik. Padahal daya tampung TPA Cipayung untuk sampah di seluruh wilayah Kota Depok hanya mencapai 1.300.000 meter kubik.

"Untuk itu, kami meminta masyarakat melakukan pemilahan sampah sehingga mengurangi beban TPA Cipayung," pungkasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement