Senin 24 May 2021 07:10 WIB

Rumah Tahan Gempa di Sukabumi Jadi Percontohan Nasional

Rumah tahan gempa di Sukabumi dinilai aman dan tak memerlukan biaya yang mahal

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat meninjau permodelan perkuatan rumah aman gempa (Retrofitting) berbasis masyarakat yang digagas PMI di Kelurahan/Kecamatan Baros,  (ilustrasi).
Foto:

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Arifin Muhammad Hadi mengatakan, kunjungan lapangan ini bertujuan untuk melihat langsung proses dari pelaksanaan retrofitting atau rumah tahan gempa, yang sudah dilaksanakan di Kota Sukabumi. Harapannya rumah aman gempa ini dapat dijadikan percontohan nasional.

''Rumah tahan gempa merupakan bagian dari pilot project kesiapsiagaan bencana yang digarap PMI dan Amcross,'' cetus Arifin. Dengan rumah aman gempa ini akan memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada warga yang tinggal di dalamnya.

Sehingga kata Arifin, permodelan rumah aman gempa ini dapat direplikasi di wilayah lainnya di Indonesia. Sebab dapat menjadi salah satu bentuk kesiapsiagaan warga dalam menghadapi bencana khususnya gempa bumi.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, berharap rumah ini menjadi model percontohan untuk pembangunan rumah sederhana. Meskipun sederhana, namun memiliki kekuatan ketika terjadi gempa atau musibah. Intinya dengan harga minimalis tapi mampu membuat rumah aman gempa.

''Semoga model retrofitting ini bisa di adopsi kedalam program pemerintah terutama perumahan,'' kata wali kota. Hal ini karena tidak membutuhkan anggaran yang besar dengan kondisi bangunan yang aman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement