Kamis 20 May 2021 11:46 WIB

Dewan Pers: Uji Kompetensi Wartawan Cetak SDM Unggul

UKW adalah amanat dari masyarakat pers nasional yang diembankan ke Dewan Pers.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Suasana uji kompetensi wartawan (UKW) bagi jurnalis.
Foto: dok FISIP UMJ
Suasana uji kompetensi wartawan (UKW) bagi jurnalis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Dewan Pers mengatakan uji kompetensi wartawan (UKW) sebagai upaya untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang jurnalistik. Sehingga para wartawan bisa bekerja secara profesional dalam memberitakan sesuatu, serta mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat.

"Dewan Pers mengemban amanat ini dari masyarakat pers nasional menjadikan pers nasional itu seluruhnya profesional," kata Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers Dewan Pers, Ahmad Djauhar dalam pembukaan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan Angkatan VI Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara di Galeri Foto Jurnalistik Antara, di Jakarta Pusat, Kamis (20/5).

Ahmad menuturkan, UKW adalah amanat dari masyarakat pers nasional yang diembankan ke Dewan Pers untuk melaksanakannya. "Dengan menjadi keluaran profesional. Kita Insya Allah akan mampu memenuhi hak masyarakat dan kewajiban kita menyampaikan sesuatu berdasarkan fakta dan memverifikasinya," tutur pengurus Yayasan Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) itu.

Direktur Keuangan, MSDM dan Umum Perum LKBN Antara, Nina Kurnia Dewi mengatakan, pihaknya sangat menaruh perhatian dan terus mendorong peningkatan kompetensi wartawan. Tujuannya agar mereka menjadi unggul, profesional, dan berprestasi.

"UKW ini adalah melaksanakan core value kompeten pada AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) bahwa kita siap terus belajar dan mengembangkan kapabilitas kita sebagai pewarta nasional," ujar Nina.

Core values AKHLAK, sebagai identitas dan perekat budaya kerja badan usaha milik negara (BUMN) yang menjadi dasar pembentukan karakter SDM di lingkungan BUMN. Melalui UKW, Nina menuturkan kompetensi wartawan semakin ditingkatkan. Sehingga bisa menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik, dan kinerja berprestasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement