Rabu 19 May 2021 22:59 WIB

PMI Salurkan Donasi Publik ke Palestina

ketum PMI Jusuf Kalla menyebut donasi publik akan diserahkan ke Crescent Palestina

Rep: Puti Almas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Palang Merah Indonesia (PMI) akan menyalurkan donasi publik senilai Rp 1 miliar untuk Palestina. Dana tersebut diberikan untuk membantu berbagai kebutuhan rakyat di wilayah Timur Tengah tersebut, yang saat ini tengah terdampak konflik. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengatakan bahwa penyaluran dana akan dilakukan secepatnya melalui Red Cresent Palestina.
Foto:

Ribuan warga sipil di Jalur Gaza terdampak konflik, dengan pecahnya kekerasan terbaru antara Israel dan Palestina, dimulai di Yerusalem Timur pada bulan lalu. Saat itu, warga Palestina bentrok dengan polisi Israel sebagai tanggapan atas ancaman penggusuran puluhan keluarga Palestina oleh pemukim Yahudi.

Situasi semakin memburuk saat polisi Israel menyerbu Masjid Al-Aqsha di Kota Tua Yerusalem, yang merupakan situs suci ketiga bagi Umat Islam. Ratusan jamaah yang kebanyakan adalah warga Palestina terluka dalam kejadian ini.

Hamas kemudian meluncurkan roket ke Israel sebagai langkah balasan. Israel kemudian meluncurkan serangan udara ke Jalur Gaza sebagai tanggapan atas serangan tersebut.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengisyaratkan bahwa perang dengan Hamas di Jalur Gaza akan terus berlanjut. Dalam pidato yang disiarkan televisi, ia mengatakan serangan dengan kekuatan penuh akan dikerahkan dan mungkin memakan waktu, sebagai apa yang disebut olehnya bahwa Israel ingin ‘memungut harga yang mahal’ dari Hamas.

 

Hingga Rabu (19/5) Hari Ini, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan ada 220 orang telah meninggal sejak awal pertempuran, termasuk 63 anak-anak dań 36 perempuan. Sementara itu, sebanyak 1.500 orang lainnya terluka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement