Rabu 19 May 2021 18:15 WIB

IFCC Gelar Seminar Online Sertifikasi Industri Hutan

Pelaku industri perlu memahami pentingnya kelestarian hutan dalam bisnis mereka.

Hutan tanaman industri bahan baku pulp dan kertas terlihat dari udara di Provinsi Riau
Foto: Antara/FB Anggoro
Hutan tanaman industri bahan baku pulp dan kertas terlihat dari udara di Provinsi Riau

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya sertifikasi Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) bagi kelestarian hutan dan keberlanjutan industri kertas dan kemasan,  Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC), akan menyelenggarakan seminar online.

Direktur Eksekutif Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC) Zulfandi Lubis, mengatakan kegiatan ini akan diselenggarakan Kamis (27/5) pukul 15.00 –16.30 WIB. Tema seminar adalah “Memajukan Keberlanjutan Bisnis sekaligus Melestarikan Hutan melalui Sertifikasi PEFC”.

Zulfandi menjelaskan, menjaga keberlanjutan bisnis (business sustainability) menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam menjalankan suatu usaha  atau bisnis. Salah satu aspek yang turut mempengaruhi keberlanjutan bisnis adalah sensitivitas business player (perusahaan) dalam merespon tuntutan lingkungan yang menaungi bisnisnya, di mana salah satunya adalah tuntutan pasar global yang mengharuskan para business player untuk menunjukkan bahwa produk-produk yang dihasilkannya itu berasal dari proses-proses yang bertanggung jawab secara lingkungan dan sosial.

Industri hasil hutan dan hasil hutan lanjutan juga tidak lepas dari tuntutan pasar global yang mensyaratkan para pemainnya untuk memperhatikan aspek-aspek kelestarian hutan sebagai salah satu cara untuk menjaga keberlanjutan bisnisnya. "Kertas dan kemasan (packaging) adalah bagian dari industri berbasis hutan,” kata Zulfandi dalam siaran persnya, Rabu (19/5).

Keberlanjutan pasokan, produksi, dan penjualannya untuk memenuhi permintaan global sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Sebagai industri hilir kehutanan, kertas dan kemasan memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan pasar global melalui sertifikasi.

Dikatakannya, PEFC adalah skema sertifikasi  kehutanan terbesar di dunia yang mempromosikan pengelolaan hutan lestari melalui sertifikasi pihak ketiga yang independen. PEFC terus melakukan promosi dan edukasi terkait pentingnya sertifikasi PEFC,  dan pemenuhan aspek-aspek kelestarian hutan dalam menunjang bisnis industri kertas dan kemasan beserta turunannya dan industri-industri lain yang menggunakan kertas dan kemasan sebagai produk-produk pendukungnya.

Sertifikat PEFC yang diperoleh perusahaan, lanjut dia, merupakan salah satu bentuk bukti yang menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjaga dan memastikan bahwa produk hasil hutan yang diproduksi oleh perusahaan merupakan  produk yang berasal dari hutan yang dikelola secara lestari, atau dalam hal ini telah mampu menunjukkan tanggung jawab secara lingkungan dan sosial. Komitmen tersebut akan menumbuhkan  kesadaran dan kepercayaan konsumen untuk memilih produk pada perusahaan yang telah tersertifikasi karena telah mampu menunjukkan terjaganya kelestarian hutan dan keberlanjutan bisnisnya.

Hingga saat ini sudah banyak brand besar di dunia yang memasukkan persyaratan skema sertifikasi PEFC dalam procurement policy-nya demi bisa membuktikan bahwa dalam memproduksi barang mereka telah menjalankan proses-proses yang bertanggung jawab baik secara lingkungan maupun ekonomi. Beberapa di antaranya adalah Apple, Walmart, Nestle, Danone, P&G, Samsung, The Walt Disney Company, Unilever, Nike dan masih banyak lagi.

IFCC, kata Zulfandi,  merupakan PEFC National Governing Bodies (NGB) di Indonesia yang turut mendukung misi PEFC dalam memajukan keberlanjutan bisnis industri kertas dan kemasan, dengan mengedepankan aspek kelestarian hutan melalui sertifikasi PEFC/IFCC.

photo
Seminar online IFCC - (istimewa)

Seminar online merupakan salah satu cara untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran para pelaku bisnis bahwa PEFC merupakan salah satu solusi untuk membantu memajukan perusahaan kertas dan kemasan dalam memenuhi permintaan pasar global akan pentingnya sustainability.

Indonesia, lanjut Zulfandi, memiliki banyak peluang untuk memenuhi permintaan pasar global untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan dengan tetap menjaga kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat.  IFCC sebagai PEFC NGB di Indonesia berkomitmen untuk bekerja sama  dengan para lembaga sertifikasi yang telah diberikan notifikasi PEFC/IFCC dan juga dengan perusahaan-perusahaan tersertifikasi, dalam bentuk berbagi cerita tentang manfaat penerapan sertifikasi PEFC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement